Search

Home / Aktual / News

Rakor Bersama Luhut, Wagub Sebut Bali Tindak Tegas Turis Asing Pelanggar 3M

   |    23 Juli 2021    |   23:00:09 WITA

 Rakor Bersama Luhut,  Wagub Sebut Bali Tindak Tegas Turis Asing Pelanggar 3M
Wagub Cok Ace

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Wakil Gubernur  (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengikuti rapat koordinasi membahas Kampanye 3M  (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan) dipimpin Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan secara daring, Jumat (23/7) di Denpasar.

Dalam rapat itu, Wagub Cok Ace melaporkan, Pemprov Bali beserta pemerintah kabupaten/kota gencar mengkampanyekan 3M. Bahkan, menindak tegas bagi pelanggar termasuk turis asing dengan dideportasi.

“Dengan begitu, kami berharap masyarakat akan semakin sadar dan displin menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Terlebih, belakangan ini terjadi tren peningkatan kasus postif di Bali,” ujarnya.

Sedangkan untuk mengatasi lonjakan kasus positif, phaknya memprioritaskan pada bidang pelayanan fasilitas kesehatan, seperti obat-obatan, tenaga kesehatan dan ketersediaan tempat tidur di rumah  sakit.

“Sehingga pasien-pasien Covid-19 dapat tertangani dengan cepat,” katanya.

Namun pihaknya terkendala ketersediaan oksigen yang semakin menipis. Maka itu, ia pun meminta pemerintah pusat segera turut membantu mengatasi  keterbatasan ketersedian oksigen.

Sementara itu, Menko Marves Luhut Pandjaitan menyebut, masih banyak terdapat masyarakat yang belum paham, bahkan abai akan pentingnya 3M.

Oleh karena itu, peran posko penanganan Covid-19 tingkat desa/kelurahan penting difungsikan kembali.  

Selain tentunya juga perlu melibatkan tokoh-tokoh agama guna membantu pemerintah ikut mensosialisasikan pentingnya 3M untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Semakin banyak yang bergerak, maka masyarakat akan semakin paham,” ucapnya.

Selain pembahasan mengenai metode kampanye 3M, rakor ini juga membahas terkait skema penyaluran bantuan masker, vitamin, Zink dan Ivermectin untuk masyarakat.

Rakor ini juga diikuti sejumlah menteri, gubernur wilayah Jawa-Bali, kepala BNPB dan pihak terkait lainnya. (ISU/PDN)


Baca juga: Presiden dan Ibu Negara Salat Idul Fitri di Halaman Wisma Bayurini