Search

Home / Aktual / News

KPK Kembali Gelar Akademi Jurnalis Lawan Korupsi 2021

   |    24 Juli 2021    |   19:10:26 WITA

KPK Kembali Gelar Akademi Jurnalis Lawan Korupsi 2021
ILUSTRASI

JAKARTA, PODIUMNEWS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk kedua kalinya kembali menggelar Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi 2021 (AJLK). Program yang bisa diikuti oleh para jurnalis dan juga jurnalis warga ini dibuka hingga 10 Agustus 2021.

AJLK merupakan program beasiswa pelatihan intensif yang ditujukan untuk  jurnalis dan jurnalis warga. Pelatihan akan diisi dengan materi yang diperlukan untuk publikasi isu pemberantasan korupsi.

Tahun lalu, program ini berhasil melahirkan 35 alumni  yang hingga kini aktif mempublikasikan isu-isu antikorupsi melalui berbagai media.

“Saya berharap kegiatan AJLK dapat menjadi sarana untuk merangkul para jurnalis agar tetap menyampaikan kebenaran yang objektif dan ikut memiliki peran dan tanggung jawab dalam pemberantasan korupsi,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat membuka  AJLK 2021 melalui siaran pers, Jumat (23/7) di Jakarta. 

Pembukaan AJLK 2021 diisi dengan rangkaian webinar yang digelar mulai 22 Juli 2021 hingga Agustus 2021. Melalui serangkaian diskusi ini, diharapkan bisa memantik ide para calon peserta AJLK.

Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi 2021 akan diikuti oleh 25 peserta terpilih dari berbagai latar belakang, yakni jurnalis, jurnalis warga, komunitas, dan akademisi, yang berasal dari seluruh Indonesia.

Salah satu syarat untuk menjadi peserta adalah pernah mempublikasikan artikel/karya terkait dengan isu pemberantasan korupsi di media massa, media sosial, atau platform digital lainnya.

Melalui program ini, KPK juga menyediakan jalur afirmasi untuk peserta dari Indonesia Timur (Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur) dan pegawai serta staf Lembaga Penyiaran Publik Lokasl (LPPL).

KPK akan memberikan beasiswa pelatihan berupa uang tunai senilai Rp 4.000.000 untuk 25 peserta terpilih. Setelah pelatihan, peserta diwajibkan menyelesaikan tugas akhir. Tiga peserta dengan tugas akhir terbaik, akan mendapatkan apresiasi berupa uang tunai.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan mendaftar Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi 2021, bisa mengakses link https://www.kpk.go.id/id/ajlk-2021 dan promo melalui semua media sosial resmi KPK. (COK/ISU/PDN)

 


Baca juga: Presiden dan Ibu Negara Salat Idul Fitri di Halaman Wisma Bayurini