Search

Home / Aktual / Advertorial

Disdikpora Badung Gelar Sosialisasi BOSP SMP

Editor   |    28 Maret 2024    |   19:19:00 WITA

Disdikpora Badung Gelar Sosialisasi BOSP SMP
Kegiatan sosialisasi BOSP untuk Kepsek SMP se-Badung, Kamis (18/3/2024) di Mangupura. (kominfo badung)

MANGUPURA, PODIUMNEWS.com – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Badung menggelar sosialisasi Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) untuk kepala sekolah (Kepsek) SMP se- Badung, Kamis, (18/3/2024) di Mangupura.

Kegiatan diikuti Kepsek, bendahara BOS tingkat SMP se-Kabupaten Badung ini menghadirkan narasumber I Made Dwi Ariarta dan Teja Nadirah.

Dalam sambutan Kepala Disdikpora Badung dibacakan Pejabat Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran SMP Agus Ariana Eka Putra mengatakan, kegiatan sosialisasi ini menjadi bagian pendampingan Pemkab Badung terhadap satuan pendidikan di bawah kewenangannya dalam pengelolaan dana dikelola oleh sekolah.

Pendampingan ini, lanjut Agus Ariana, sejalan dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor (SE Mendikburistek) 907/6479 SJ dan Nomor 7 Tahun 2021 pada angka empat poin B.  

Pada SE itu, kata Agus Ariana, disebutkan kepala daerah melalui perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan pendidikan wajib melakukan pendampingan,  pengawasan, dan pembinaan kepada satuan pendidikan di daerah masing-masing.

Di akhir pembacaan sambutan, pihaknya berharap setelah sosialisasi ini para kepala sekolah sudah memahami mengenai teknis aplikasi  Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Agus Ariana menambahkan jumlah penerima BOS di Badung terdiri dari 28 SMP negeri dan 26 SMP swasta.

"Untuk Bantuan Operasional Sekolah di satuan jenjang SMP per siswa diberikan bantuan dari pemerintah pusat sebesar 1.390.000 per tahun. Disalurkan secara bertahap yakni tahap pertama di bulan Januari dan tahap kedua di bulan Juli ," ujarnya.

Untuk diketahui, pemerintah pusat telah memberikan alokasi anggaran yang cukup besar untuk pendidikan. Salah satunya melalui program dana BOS. Program ini bertujuan untuk menyokong pendanaan biaya operasional bagi satuan pendidikan. (adi/adv)


Baca juga: Disdukcapil Badung Dorong Semua Desa Menuju Desa Cerdas