Search

Home / Aktual / Pemerintahan

Cuti Bersama, Pelayanan Samsat Seluruh Bali Tetap Buka

   |    27 Oktober 2020    |   20:36:51 WITA

Cuti Bersama, Pelayanan Samsat Seluruh Bali Tetap Buka
Made Santha

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Terkait cuti bersama pada akhir bulan Oktober 2020 yang dimulai dari tanggal 28 Oktober ini, layanan Samsat di seluruh Bali tetap buka seperti biasa. Hal tersebut disampaikan Kepala Bapenda Provinsi Bali, Made Santha di Renon, Denpasar, Selasa (27/10).

“Bapak Gubernur melalui bapak Sekda Provinsi Bali mengambil kebijakan pelayan Samsat hanya libur tanggal 29 Oktober saja. Sehingga hari sebelumnya yakni pada hari Rabu, kemudian Jumat dan Sabtu tetap buka seperti biasa, dan bertugas seperti hari biasanya,” kata Santha.

Sementara bagi petugas yang beragama Islam, pihaknya mempersilahkan untuk mengikuti cuti bersama. “Kebetulan di sini, petugas yang beragama Islam tidak terlalu banyak. Sehingga jika mereka libur, maka pelayanan kami tetap bisa dilakukan dengan optimal,” ungkapnya.

Made Santha juga mengungkapkan bahwa di tengah pademi Covid-19 ini, Pemerintah Provinsi Bali telah membuat kebijakan tentang pembebasan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan juga pembebasan biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BNKB) untuk kepemilikan kedua dan seterusnya.

Dalam kesempatan itu, Made Santha juga mengungkapkan bahwa lokomotif perekonomian Bali sangat tergantung dari sektor pariwisata. Namun akibat pademi ini, perekonomian Bali menjadi anjlok, dan bahkan di triwulan III, Bali minus hampir 11 persen. Sehingga berpengaruh juga terhadap pembayaran PKB.

“Untuk pendapatan di Triwulan III ini, terealisasi hanya Rp2,250 triliun, sedangkan diperubahan telah ditetapkan Rp 3,4 triliun,” ungkapnya seraya mengatakan, tidak terealisasinya target tersebut diakibatkan dampak pandemi, hingga perekonomian Bali mengalami kontraksi. (BAS/PDN)


Baca juga: Sekda Sri Puryono: Pensiun Harus Tetap Berkarya