Search

Home / Khas /

Lomba Makendang dan Gender Tumbuhkan Kecintaan Budaya Leluhur

   |    05 Desember 2020    |   19:44:49 WITA

Lomba Makendang dan Gender Tumbuhkan Kecintaan Budaya Leluhur
Ny. Putri Koster

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Istri Gubernur Bali, Ny Putri Suastini Koster membuka perlombaan makendang tunggal dan gender polos tunggal se-Bali, di Lobi Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Sabtu (5/12).

Putri Koster yabg juga seniman multitalenta menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan lomba, di mana kegiatan ini memberi ruang dan kesempatan bagi anak-anak untuk menampilkan kepiawaian dan kreativitasnya.

Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya sekedar lomba untuk mencari pemenang, tetapi lebih kepada mengasah kemampuan diri dan menumbuhkan kecintaan terhadap budaya warisan leluhur.

Dalam kesempatan ini, Putri Koster mengajak para generasi muda untuk selalu dapat mengembangkan dan melestarikan budaya yang kita miliki.

"Namun dalam proses inovasi maupun pengembangan yang dilakukan jangan sampai menghilangkan tradisi maupun kekhasan yang kita miliki," imbuhnya.

Ditambahkannya, Pemerintah Provinsi Bali sangat mendukung dan memberi ruang bagi para seniman, baik itu seniman tradisional maupun modern untuk berkreativitas.

Lanjut dia, melalui ajang Pesta Kesenian Bali yang digelar setiap tahun, memberi ruang kepada para seniman tradisional untuk menampilkan kreativitas seninya. Di sisi lain bagi seniman yang beraliran modern, bisa unjuk gigi di ajang Festival Bali Jani yang juga digelar secara rutin setiap tahun.

 "Dengan dukungan serta ruang berkreasi yang telah disiapkan pemerintah, diharapkan generasi muda mencintai sekaligus bangga terhadap seni budaya dimiliki dan ikut berperan dalam pelestarian budaya adi luhung yang kita miliki,” ujarnya

Untuk diketahui, lomba makendang tunggal dan gender polos tunggal se-Bali yang diselenggarakan oleh Sanggar Siwer Nadi Swara ini diikuti sekitar 100 peserta kendang tunggal dan 100 peserta gender polos dari para siswa siswi tingkat SD-SMP se-Provinsi Bali. Lomba  ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 5 - 6 Desember 2020. (BAS/PDN)


Baca juga: Wabup Sanjaya Melaksanakan Persembahyangan di Pura Luhur Muncak Sari