Search

Home / Kolom / Opini

Pandemi Tak Lunturkan Semangat Regenerasi Organisasi KMHDI

   |    16 Desember 2020    |   21:03:31 WITA

Pandemi Tak Lunturkan Semangat Regenerasi Organisasi KMHDI
Arya Gangga, Kabiro Litbang PD KMHDI Bali 2019-2021. (Foto: Istimewa)

SEBENTAR lagi Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) akan melaksanakan musyawarah tertinggi yang disebut Mahasabha. Mahasabha atau yang biasa dikenal Kongres Nasional di tingkat pusat itu tentu akan diikuti oleh perwakilan Pimpinan Daerah (PD) dan Pimpinan Cabang (PC) KMHDI di seluruh Indonesia.

Mahasabha ke-12 kali ini rencananya akan diselenggarakan di daerah Cisarua, Bogor, Jawa Barat pada tanggal 27 Januari 2021 hingga 1 Februari 2021 mendatang merupakan salah satu bentuk optimisme kader Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia dalam melakukan regenerasi organisasi.

Tentunya yang menjadi tantangan kali ini adalah berjalannya Mahasabha di tengah situasi Pandemi. Namun apakah itu menjadi sebuah alasan untuk tidak melaksanakan kewajiban sebagai Organisasi Mahasiswa Hindu yang sudah berdiri sejak 3 September 1993 untuk tidak melaksanakan Forum Musyawarah ini? Tentu tidak. Ini menjadi bukti bahwa KMHDI dengan segala situasi dan konsekuensinya siap melaksanakan Mahasabha dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Yang menjadi pertanyaan kemudian, apakah Mahasabha yang dilaksanakan kali ini dapat maksimal dalam membahas arah dan pergerakkan organisasi dalam 2 tahun kedepan serta memilih orang yang tepat untuk melanjutkan tongkat kepemimpinan? Tentu tidak semaksimal Mahasabha sebelumnya, ini akan menjadi tantangan besar KMHDI dalam menjaga regenerasi kepengurusan dan kualitas organisasi.

Semangat ini tentunya harus menjadi tanggung jawab yang besar bagi siapapun yang terpilih untuk melanjutkan tongkat kepengurusan KMHDI di tingkat pusat. Mengemban tanggung jawab sebagai pimpinan di KMHDI merupakan salah satu tugas yang tidak mudah. Hal ini tentunya harus sesuai dengan apa yang dicita-citakan KMHDI sebagai organisasi Pendidikan dan pelatihan kader.

Harapannya tentu di Mahasabha ke-12 kali ini agar dapat melahirkan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas, sesuai dengan 4 jati diri KMHDI dan membawa kepentingan organisasi bukan membawa kepentingan perseorangan, kelompok atau individu. Pemimpin selanjutnya tentu harus dapat membawa harapan baru KMHDI ke depan selama 2 tahun mendatang.

Sebagai Kader KMHDI yang saat ini menjabat sebagai Kabiro Litbang PD KMHDI Bali periode 2019-2021, saya berharap pada saat Mahasabha nanti dapat dijadikan sebagai wahana pembahasan langkah strategis dan memperbaiki KMHDI untuk menjadi lebih baik lagi. Pilihlah pemimpin berdasarkan kapasitas intelektual, emosional dan spiritual yang mumpuni. Dan pastikan pemimpin yang terpilih mampu menepati janji-janji kampanyenya agar semangat Mahasabha di tengah pandemi saat ini tidak luntur begitu saja oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

SATYAM EVA JAYATE!!!

Oleh: Arya Gangga, Kabiro Litbang PD KMHDI Bali 2019-2021.

(RIS/PDN)


Baca juga: Mencoba Menghapus Stigma Spesialis Wakil