Search

Home / Aktual / Pemerintahan

Gubernur Koster Minta CPNS Membangun Semangat Pekerja Keras

   |    01 Maret 2021    |   20:32:46 WITA

Gubernur Koster Minta CPNS Membangun Semangat Pekerja Keras
Gubernur Bali Wayan Koster saat membuka Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2021, Denpasar, Senin (1/3). (Foto: Istimewa)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com – Gubernur Bali Wayan Koster meminta para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Povinsi Bali yang akan mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) mampu mengeksplorasi potensi diri dengan membangun jiwa dan semangat pekerja keras.

“Kita harus menanamkan diri untuk bekerja keras, disiplin dan bertanggungjawa, serta tulus ikhlas tanpa mengharapkan imbalan sebelumnya,” tegas Gubernur Koster saat membuka Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2021 secara daring di Kediaman Gubernur Bali, Denpasar, Senin (1/3).

Khusus mengembangkan diri, CPNS diharapkan mampu bertanggungjawab serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) sesuai bidangnya masing-masing. Sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Sebagai orang Bali, kita harus membiasakan diri bekerja sesuai kultur kita, bekerja berdasar norma hukum karma phala. Tetaplah bekerja dengan baik, astungkara hasilnya sesuai yang diharapkan,” ujar Gubernur Bali lulusan ITB yang sebelumnya menjabat anggota DPR RI tiga periode ini.

Lebih lanjut, Gubernur menyadari tidak mudah untuk dapat lolos seleksi CPNS dengan persaingan yang sangat ketat. Dengan demikian menurutnya akan mampu menciptakan kualitas CPNS yang berkompeten dan mampu membawa perubahan guna mewujudkan pelayanan kepada masyarakat serta kemajuan daerah.

“Puluhan ribu peserta yang ikut, yang lolos di provinsi itu kurang lebih 700 orang. Itu enggak gampang. Setelah lolos harus bisa menunjukkannya, memiliki pola pikir sebagai seorang PNS, apa saja program yang bisa dibuat dan dilaksanakan guna mendukung pembangunan sepanjang sesuai peraturan perundang - undangan sebagai bagian dari penyelenggara negara,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali (BPSDM) Gede Darmawa dalam laporannya mengatakan bahwa Latsar CPNS Tahun 2021 diikuti oleh CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dan kabupaten/kota se- Bali.

Ditambahkannya, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1 Maret sampai dengan 27 Oktober 2021. Pelatihan yang dilaksanakan dalam 9 (sembilan) gelombang, diikuti oleh peserta sebanyak  1492 orang. 

“Berasal dari Pemprov Bali 679 orang, Pemkot Denpasar 363 orang, Pemkab Klungkung 119 orang, Pemkab Jembrana 160 orang, Pemkab Buleleng 170 orang, serta Pemkab Gianyar 1 orang,” sebutnya.

Adapun tenaga pengajar yang disiapkan dalam program ini adalah para Widyaiswara BPSDM Provinsi Bali, pejabat struktural di lingkungan Pemprov Bali yang telah memiliki sertifikasi kompetensi TOF maupun workshop, serta pakar/praktisi yang memiliki bidang keilmuan yang sesuai dan relevan dengan materi ajar dalam Latsar CPNS ini. (RIS/PDN)


Baca juga: Sekda Sri Puryono: Pensiun Harus Tetap Berkarya