Search

Home / Aktual / News

Meski Angka Covid-19 Menurun, Gubernur Bali Ingatkan Tetap Taat Prokes

   |    15 September 2021    |   20:22:53 WITA

Meski Angka Covid-19 Menurun, Gubernur Bali Ingatkan Tetap Taat Prokes
Gubernur Bali Wayan Koster

DENPASAR, PODIUMNEWS.com – Gubernur Bali Wayan Koster menyebutkan bahwa perkembangan angka kasus positif Covid-19 di Pulau Dewata mulai menunjukan tren penurunan. Oleh karena itu, pemerintah pusat mulai 14 September 2021 menurunkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Provinsi Bali dari evel 4 ke level 3..

“Sejak tanggal 30 Agustus 2021, penambahan kasus baru Covid-19 sudah mulai menurun.  Di mana penambahan kasus harian sudah di bawah 250 kasus per hari, tingkat kesembuhan mencapai angka 93 persen, kasus aktif terus menurun sampai mencapai angka dibawah tiga ribu orang (2,5%),” kata Koster di Denpasar, Rabu (15/9).

Alhasil, lanjut dia, penurunan angka positif Covid-19, mendorong meningkatnya angka kesembuhan dan menurunnya angka perawatan di Rumah Sakit (hospitality rate) serta menurunnya tingkat kematian akibat Covid-19,

“Namun demikian, kita tidak boleh menyikapi dengan euphoria yang berlebihan tetapi harus tetap waspada mengingat perkembangan Covid-19 ini masih sangat berbahaya dengan adanya varian baru Mu yang telah ditemukan di beberapa negara,” ujarnya mengingatkan.

Pihaknya juga mengatakan bahwa meski telah divaksinasi tidak sepenuhnya menjamin terbebas dari penularan Covid-19.

“Data menunjukkan warga yang sudah mengikuti vaksinasi, sebanyak 40 persen masih mengalami penularan Covid-19, dan 92 persen yang meninggal belum divaksinasi. Namun dengan telah divaksinasi, warga yang tertutar  Covid-19 risikonya lebih rendah, yaitu lebih cepat sembuh, terhindar dari gejala berat yang berisiko kematian,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak masyarakat agar tetap taat protocol kesehata (Prokes).

“Saya mengajak seluruh masyarakat agar: tetap mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan serta menerapkan pola hidup sehat bebas Covid-19 dengan 6 M. yakni, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Mengurangi bepergian, Meningkatkan imun, dan Mentaati aturan,” ucapnya. (ISU/PDN)

 


Baca juga: Presiden dan Ibu Negara Salat Idul Fitri di Halaman Wisma Bayurini