Search

Home / Aktual / Pemerintahan

Kemenko Marves Gelar Pekan Literasi Maritim 2021

   |    16 September 2021    |   20:42:26 WITA

Kemenko Marves Gelar Pekan Literasi Maritim 2021
(Foto: Istimewa)

JAKARTA, PODIUMNEWS.com – Untuk kembali mengingatkan masyarakat mengenai Hari Maritim Nasional, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengadakan kick off Peringatan Hari Maritim Nasional ke-57 secara virtual di Jakarta, pada Kamis (16/9).

Kegiatan yang menandai dimulainya peringatan Hari Maritim Nasional tersebut adalah  Pekan Literasi Maritim 2021.  Melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan tercipta SDM yang unggul melalui penguatan literasi generasi muda terkait berbagai pengetahuan kemaritiman Indonesia.

Pada hari pertama Pekan Literasi Maritim ini, telah diadakan public lecture bersama Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Sesmenko Marves) Agung Kuswandono dan Direktur Utama (Dirut) PT Balai Pustaka Achmad Fahrodji.

Melalui public lecture ini, kedua narasumber kembali mengingatkan pentingnya literasi secara umum dan literasi kemaritiman secara khusus karena Indonesia memiliki sejarah kemaritiman yang kuat.

“Indonesia ini memiliki potensi kemaritiman yang besar, Allah Swt telah mengaruniakannya kepada kita. Walau begitu, kita belum sadar atas karunia ini. Untuk itu, kesadaran akan potensi maritim yang besar perlu diperkuat lagi melalui literasi kemaritiman, supaya kita mampu memanfaatkan potensi alam kita lebih baik lagi,” ujar Sesmenko Agung.

Sementara Dirut PT Balai Pustaka Fachrodji mengatakan bahwa gerakan literasi secara umum memang sudah digencarkan sejak 2018. Balai Pustaka sendiri sudah berusaha melakukan berbagai cara dalam peningkatan literasi di Indonesia secara umum.

“Berbagai cara sudah kami lakukan untuk terus meningkatkan literasi bagi generasi muda, bahkan sejak dini di Indonesia. Kita sudah coba mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan TBM digital. Selain itu telah dibuatkan juga beberapa media lainnya untuk meningkatkan literasi generasi muda melalui platform digital yang berisi audio book,  film animasi, film layar lebar, hingga sinetron,” papar Fachrodji.

Keterkaitan antara peningkatan literasi untuk generasi muda dan pemanfaatan potensi maritim, Sesmenko Agung menjelaskan mengenai berbagai program pemerintah yang sudah dijalankan untuk terus meningkatkan potensi maritim. Beberapa diantaranya seperti pencanangan jargon “Ayo Makan Ikan” untuk terus memacu konsumsi ikan di Indonesia sehingga mampu mencegah angka stunting dan gizi buruk yang masih tinggi di Indonesia.

Selain itu, terus memaksimalkan potensi wisata bahari melalui wisata sejarah, budaya, hingga ekowisata di Indonesia.

“Pemanfaatan potensi maritim ini semuanya bisa dilakukan dan sudah berjalan, ini semua dapat kita lakukan dengan memahami potensi yang ada, dengan terus memperkaya diri melalui literasi kemaritiman Indonesia,” tegas Sesmenko Agung.

Penting dalam pemanfaatan potensi maritim dilaksanakan secara bersamaan dengan adanya peningkatan literasi secara umum dan literasi kemaritiman secara khusus.

Dalam rangkaian peringatan Hari Maritim Nasional, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain resensi film bertema kemaritiman, FGD Budaya Maritim, hingga pidato kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo pada acara puncak pada 23 September 2021. (COK/RIS/PDN)


Baca juga: Sekda Sri Puryono: Pensiun Harus Tetap Berkarya