Search

Home / Edukasi

Perkuat Literasi Agama, Ditjen Bimas Hindu Distribusikan 39 Ribu Buku

Redaktur   |    24 November 2021    |   21:07:45 WITA

Perkuat Literasi Agama, Ditjen Bimas Hindu Distribusikan 39 Ribu Buku
Para siswa menunjukkan buku keagamaan yang didistribusikan oleh Ditjen Bimas Hindu RI. (Foto: doc.ditjenbimashinduRI/Istimewa)

JAKARTA, PODIUMNEWS.com – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI melakukan distribusi tahap pertama 39.050 buku bacaan kepada para pelajar Hindu dan guru di seluruh Indonesia.

Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto menyampaikan bahwa pendistribusian buku bacaan tersebut merupakan upaya Ditjen Bimas Hindu dalam memperkuat literasi agama di kalangan pelajar.

“Literasi agama adalah program prioritas di Ditjen Bimas Hindu, untuk menyambut Tahun Toleransi 2022 kita perlu memperkuat literasi dan wawasan dalam beragama” ungkapnya dalam siaran pers Ditjen Bimas Hindu pada Rabu (24/11).

Dalam pendistribusian tahap pertama ini, Tri Handoko Seto mengungkapkan masih fokus pada pendistribusian buku-buku bacaan.

“Tahap pertama mayoritas buku yang didistribusikan adalah buku bacaan, nanti akhir tahun kita distribusikan buku keagamaan dan buku mata pelajaran pendidikan agama Hindu untuk siswa dan guru” ungkapnya.

“Semua buku Mata Pelajaran Keagamaan Hindu adalah terbitan Ditjen Bimas Hindu, kita seragamkan agar tidak ada muatan materi yang keluar dari substansi pengajaran” tambahnya.

Ada sebelas jenis buku yang didistribusikan Ditjen Bimas Hindu, diantaranya Buku Perpustakaan tingkat SMA (1.000), Buku Bacaan untuk Siswa tingkat SMA (1.760), Buku Keagamaan Siswa tingkat SMA (3.700), Buku Keagamaan Guru tingkat SMA (300), Buku Bacaan Sekolah Minggu (2.800).

Buku Bacaan untuk Siswa tingkat SD (25.250), Buku Keagamaan Siswa tingkat PAUD (1.200), Buku Keagamaan Siswa tingkat SD (1.710), Buku Keagamaan Guru tingkat SD (230), Buku Keagamaan Siswa tingkat SMP (990), dan Buku Keagamaan Guru tingkat SMP (110).

“Jadi selain untuk pelajar, ada beberapa buku juga kita didistribusikan untuk guru-guru pengajar mata pelajaran agama Hindu dan pengajar di Pasraman” tutupnya. (COK/RIS/PDN)