Search

Home / Aktual / Ekonomi

UMKM Buleleng Kini Bisa Promosikan Produknya di Sobean Mart

   |    03 April 2022    |   18:09:00 WITA

UMKM Buleleng Kini Bisa Promosikan Produknya di Sobean Mart
Sobean Mart di RTH Bungkarno, Buleleng. (Foto: doc.podiumnews.com)

BULELENG, PODIUMNEWS.com – Kini pelaku UMKM Buleleng bisa memasarkan produknya di ‘Sobean Mart’. Sobean Mart adalah tempat untuk menampung segala jenis produk UMKM Buleleng yang dibentuk oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bersama Bupati Buleleng.

Pengelola Sobean Mart, Gede Subianta Eka Kresnawan mengatakan, UMKM bisa menitipkan produknya dengan cara langsung datang ke Sobean Mart yang bertempat di kios RTH Bung Karno.

"UMKM-UMKM di Buleleng kami berikan ruang untuk menitip produknya untuk kami jualkan secara online maupun ofline di Sobean Mart dengan sistem konsinyasi. Kalau laku baru kita dapat profit beberapa persen sesuai dengan kesepakatan dengan pelaku UMKMnya" ucap Eka Subianta dalam keterangannya kepada media, Minggu (3/4).

Selain memberikan ruang, pelaku UMKM juga akan diberikan pendampingan terkait produk-produknya, seperti bentuk kemasannya agar lebih bagus dan menarik pembeli.

"Kami akan buat pendampingan juga biar bagaimana produknya itu yang belum bagus, bisa menjadi bagus dan yang belum laku banyak, bisa laku banyak. Kurang lebih seperti itu," imbuh Eka yang juga Ketua Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Buleleng.

Terkait pemasarannya, produk- produk UMKM akan dibedakan sesuai jenisnya. Untuk produk olahan pangan dan kriya atau fashion akan di pajang di kios yang berbeda.

“Kebetulan di RTH Bung Karno menggunakan 2 kios di sana dengan sistem sewa. Begitu juga untuk penjualan onlinenya diantaranya melalui market place yang dibedakan sesuai jenis produknya,” ungkap Eka.

Sedangkan, untuk masalah ijin dan layak konsumsi dari produk itu, pihaknya sudah bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kabupaten Buleleng untuk memfasilitasi agar produknya bisa memiliki ijin sehingga aman untuk dijual.

"Kita tidak akan menyulitkan ya. Kita membuka ruang untuk UMKM bersama-sama, membenahi bersama dimana ada kekurangannya," ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, sejak dibuka seminggu yang lalu di RTH Bung Karno, progres perkembangan Sobean Mart dinilai cukup bagus oleh masyarakat, terutama pada produk olahan pangannya.

“Karena pengunjung lebih banyak membeli makanan dan minuman. Tapi secara umum, pelaku UMKM sangat antusias dan semangat,” terangnya.

Ditambahkan, pengelola bersama SKPD terkait, dalam perkembangan Sobean Mart ini akan terus dipantau dalam satu tahun ini. Jika dirasa progresnya bagus, maka untuk kedepannya akan ditingkatkan dan dikembangkan lagi.

“Bahkan Sobean Mart akan membuka kios juga di rooftop Pasar Banyuasri nantinya,” katanya..

Eka berharap, Sobean Mart bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pelaku UMKM sebagai media promosi produknya baik melalui offline maupun online.

"Semua UMKM Buleleng silahkan mampir, silahkan lihat dan jika tertarik bisa titipkan produknya disini untuk kami jualkan," ajaknya. (Ady)


Baca juga: KPKHN Berharap Pemerintah Dukung Budidaya Karang Hias