Search

Home / Khas /

Cara Atasi Smartphone Mengalami Crash

   |    30 Juli 2022    |   19:24:00 WITA

Cara Atasi Smartphone Mengalami Crash
ILUSTRASI (ist)

KEHIDUPAN manusia kekinian yang telah memasuki era digital tidak bisa melepaskan berbagai aktivitas mereka dari beda bernama smartphone. Entah itu untuk berbelanja online, belajar online termasuk juga menjadikan sarana bekerja.

Nah, begitu pentingnya smartphone sehingga menjadi alat yang tak terpisahkan dari berbagai akitvitas kehidupan manusia hari ini. Lalu bagaiman jika smartphone sebagai alat yang sudah membuat manusia modern begitu sangat ketergantungan itu mengalami masalah penggunaan? Misalnya Force Close atau dikenal juga dengan istilah Crash yang seringkali dialami pengguna smartphone.

Sebelum memasuki tips atau bagaiman cara mengatasinya,  mari terlebih dahulu kita kenali apa itu force close?

Force close adalah keadaan ketika Anda menjalankan sebuah aplikasi lalu secara tiba-tiba aplikasi tersebut tertutup. Biasanya akan diikuti dengan muncul sejumlah pesan yang bertuliskan seperti “Sayangnya aplikasi telah berhenti”, “Aplikasi tidak menanggapi”, “Aplikasi error” , dan sejenisnya. Jika diibaratkan pada laptop atau komputer yang berbasis Windows, Force Close ini sama dengan Not Responding.

Hal-hal yang bisa menyebabkan terjadi nya Force Close, antara lain aplikasi bermasalah, file cache/sampah yang menumpuk pada perangkat, kapasitas RAM smartphone yang penuh, serta sistem operasi ponsel yang tidak kompatibel dengan aplikasi.

Cara mengatasinya

Setelah mengetahui apa penyebab aplikasi keluar sendiri, Anda tak perlu khawatir. Sebab ada banyak solusi dan tips yang tersedia untuk mengatasi aplikasi Force Close. Berikut ini adalah beberapa tips dan solusi yang bisa dilakukan pertama, update aplikasi ke versi terbaru. Kedua, hapus aplikasi dan instal ulang. Ketiga, bersihkan data cache dan cache aplikasi. Kemudian, Reboot smartphone atau bisa juga dengan Factory Reset atau Reset Pabrik.

Apabila tips dan solusi di atas tidak juga berhasil, solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah mengganti smartphone. Ganti smartphone lama yang memiliki RAM kecil dengan smartphone berkapasitas RAM yang lebih besar untuk bisa mendapatkan performa yang lebih optimal.

So, semoga tips kali ini dapat bermaanfaat. (dev/sut)

 

 


Baca juga: Pengamalan dan Perwujudan Nilai-nilai Pancasila di Bidang Ekonomi