Search

Home / Budaya

Berkain, Cara Wanita Indonesia Tampilkan Jati Diri

Editor   |    07 Agustus 2022    |   20:05:00 WITA

Berkain, Cara Wanita Indonesia Tampilkan Jati Diri
Ketua Dekranasda Bali Putri Suastini Koster (foto/ady)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali Putri Suastini Koster menilai bahwa mewastra, berkain dan mekamen merupakan cara wanita Indonesia menampilkan keanggunan diri serta jati dirinya.

Hal itu diungkapkan Putri Koster saat menghadiri HUT ke-6 tahun dari Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Bali, pada Sabtu (6/8) di Denpasar.

“Dimana walaupun tubuhnya dililit oleh kain, tapi tetap bisa melakukan aktivitas sebagaimana mestinya. Hal tersebutlah yang harus dilestarikan,” kata Putri Koster.

Oleh sebab itu, ia mengajak KCBI turut mengedukasi masyarakat untuk tetap menjaga kain tenun Bali yang merupakan warisan leluhur.

“Adapun cara menjaga dan melestarikan kain tenun Bali dengan cara, memproduksi kain tenun di Bali, memasarkan dan dipasarkan oleh masyarakat Bali, selanjutnya dipakai sendiri oleh masyarakat kita,” terangnya.

Maka itu, lanjut Putri Koster, KCBI mesti bersinergi dengan pemerintah turut melestarikan kain tenun. Karena semakin banyak kalangan yang sadar pentingnya pelestarian kain tenut, maka warisan leluhur tersebut akan terjaga dengan baik.

“Baru-baru ini saat Christian Dior meminta izin untuk menggunakan kain endek, maka Pemprov Bali langsung sigap untuk mendaftarkan kain endek agar memiliki HAKI,” ujarnya.

“Untuk itu, Pemprov Bali telah berhasil mendaftarkan endek untuk memiliki hak kekayaan komunal. Sehingga endek resmi dimiliki oleh masyarakat Bali. Untuk itu, tugas kita ke depannya untuk menjaga seluruh warisan para leluhur yang ada di Bali khususnya endek dan kain gringsing dari Tenganan," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KCBI Provinsi Bali Mayke Boestami mengatakan bahwa di tengah banyaknya komunitas di Bali, KCBI menjadi pionir dalam melestarikan dan membudayakan wanita khususnya di Bali dalam berbusana berkain.

“Selain itu, KCBI juga turut serta men-support semua IKM dan UMKM Bali yang ada melalui wastra khususnya endek dan songket,” ujarnya. (ady/sut)


Baca juga: Prosesi Munggel Pelawatan Ratu Ngurah Agung Desa Adat Tembawu