Search

Home / Aktual / News

Mahfud MD Apresiasi Polri Ungkap Pelaku Pembunuhan Brigadir J

   |    10 Agustus 2022    |   18:39:00 WITA

Mahfud MD Apresiasi Polri Ungkap Pelaku Pembunuhan Brigadir J
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto Tayangan Kanal Youtube Kemenko Polhukam)

JAKARTA, PODIUMNEWS.com – Keberhasilan Polri dipimpin Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang secara serius mengusut tuntas kasus pembunuhan Brigadir J menuai apresiasi dari masyarakat dan berbagai pihak lain.

Bahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD secara khusus memberikan tanggapan pemerintah atas kasus Brigadir J, di Kanal Youtube Kemenko Polhukam, paa Rabu (10/8).

Menko Polhukam mengapresisasi Kapolri bersama Timsus yang terdiri para pati, pamen dan personel Polri lainnya telah berhasil menetapan Kadiv Propam Polri Irjen Pol FS sebagai tersangka, satu orang bintara, satu tamtama dan satu orang sipil serta pengusutan lebih lanjut terhadap 28 personel Polri.

"tu adalah bukti bahwa Polri senantiasa menjalankan amanah dan kepercayaan masyarakat. Polri adalah anak kandung republik yanng telah sungguh-sungguh mendengar masukan dan aspirasi publik," ujar Mahfud MD.

Pemerintah berharap agar penyelesaian kasus itu secara tegas terbuka dan tanpa pandang bulu dan bisa terus menjadi babak-babak baru dalam upaya membangun institusi Polri yang bersih dan terpercaya sebagaimana visi dan slogan polri, yaitu presisi yang berarti prediktif bisa memperhitung dan memperkirakan apa yanng terjadi berserta akibat-akibatnya.

"Apa yang terjadi dipenanganan seperti itu, dan apa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat atau responbilitas merespon setiap suara aspirasi yang muncul dari media, LSM, pakar, hingga akademisi," katanya.

Kemudian, pemerintah melalui Kemenkopolhukam, akan terus mengawal kasus tersebut hingga Kejaksaan. "Kita semua akan mengawasi Kejaksaan dan sekarang mendorong agar semangat yang sama dengan Polri," ujarnya.

Oleh karena itu, Mahfud MD berharap, Kejaksaan harus benar-benar profesional menangani kasus itu dengan konstruksi hukum yang kuat agar nantinya di pengadilan, masyarakat memahami kasus itu sebagai upaya penegakan hukum dan keadilan

Selanjutnya, Mahfud berharap kepada keluarga korban Brigadir J, agar tetap bersabar dan terus memberi kepercayaan kepada lembaga-lembaga penegak hukum yaitu Polri, kejaksaan, dan pengadilan.

Menko Polhukam meminta keluarga korban teruslah berharap kepada keadilan Tuhan, agar menjadi pedoman upaya menegakkan keadilan manusia

Dan terakhir, kepada masyarakat pemerintah memberikan apresiasi atas berbagai masukan dan dukungan serta berharap agar public, baik masyarakat sipil, LSM, tokoh masyarakat, purnawirawan, akademisi, dan media massa agar terus memantau untuk mengawasi kasus itu hingga pengadilan memutuskan perkara tersebut.

"Mari bersama saya, kawal kasus itu agar negara ini berjalan menjadi lebih baik," ajak Menko Polhukam. (ris/sut)


Baca juga: Kapolri Umumkan Irjen Ferdy Sambo Jadi Tersangka