Search

Home / Edukasi

Konten Tayangan Media Dapat Pengaruhi Karakter Anak

Editor   |    13 Agustus 2022    |   17:51:00 WITA

Konten Tayangan Media Dapat Pengaruhi Karakter Anak
Bintang Puspayog (kemenpppa)

JAKARTA, PODIUMNEWS.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan bahwa konten tayangan media ramah anak akan mempengaruhi karakter anak.

Oleh sebab itu, media penyiaran perlu terus didorong menghasilkan tayangan konten-konten informasi ramah anak. Ini bertujuan menghasilkan sumber daya manusia berkualitas di masa mendatang.

“Media penyiaran memiliki peran penting menyebarluaskan informasi yang mengedukasi bagi masyarakat termasuk anak-anak,” kata Bintang Puspayoga pada Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) digelar KPI, Sabtu (13/8) di Jakarta.

Ia pun mengapresiasi upaya insan media massa selama ini yang telah menghasilkan karya-karya berkualitas untuk anak-anak Indonesia. “Salah satunya melalui produksi tayangan layak anak, dan memberikan batasan jelas tentang informasi yang dapat diakses anak,” ujarnya.

Hal ini, lanjut dia, sejalan dengan amanat Undang-Undang Penyiaran yang menyatakan bahwa isi siaran harus dapat memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada khalayak khusus anak dan remaja.

“Mari kita tidak membiarkan anak-anak terpapar tayangan negatif yang akan mempengaruhi kecerdasan, perilaku dan kepribadiannya,” ajaknya.

Ketua KPI Pusat, Agung Suprio menyebutkan berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2020 oleh BPS ditemukan bahwa 27 persen adalah generasi Z, sementra 10 persen merupakan Post Gen Z berusia anak dan remaja.

“Oleh karenanya, produksi konten televisi  dan radio yang positif perlu didukung,” ucapnya. (ris/sut)

 


Baca juga: Ny. Putri Koster Ajak Wujudkan ‘Zero’ Kasus Baru HIV/AIDS