Search

Home / Ekonomi

Cok Ace Minta Jumlah ‘Direct Flight’ China-Bali Ditambah

Administrator   |    24 Januari 2023    |   20:41:00 WITA

Cok Ace Minta Jumlah ‘Direct Flight’ China-Bali Ditambah
Wagub Cok Ace saat acara ‘The Weekly Brief with Sandi Uno’ secara virtual, Selasa (24/1) di Denpasar. (foto/adhi)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com – untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan China ke Bali, Wakil Gubernur (Wagub) Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati meminta penambahan penerbangan langsung (direct flight) dari Negeri Tirai Bambu menuju Pulau Dewata.

Permintaan Wagub Bali akrab disapa Cok Ace itu disampaikan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pada ‘The Weekly Brief with Sandi Uno’ secara virtual, Selasa (24/1) di Denpasar.

Cok Ace mengatakan penambahan direct flight secara bertahap itu meliputi jumlah kota di China sebagai titik keberangkatan dan maskapai yang melayani penerbangan langsung ke Bali.

“Kami sangat berharap direct flight dari 20 kota di China dengan 15 maskapai bisa dikembalikan sebagaimana situasi normal sebelum pandemi,” pintanya. Hal ini menurutnya penting, mengingat China sebagai negara potensial pemasok wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali.

Lalu ia menjelaskan alasan mengapa wisatawan China sangat potensial untuk digarap. Sebab warga China merasa memiliki kedekatan secara historis dengan Bali. Hal itu terlihat dari berbagai peninggalan sejarah akulturasi budaya Bali-China. “Karena itu, mereka sangat cinta dan sangat senang berkunjung ke Bali,” ujarnya.

Selain itu, karena alasan faktor alam juga yang mendorong wisatawan China memilih Bali sebagai tujuan berwisata. “Negara mereka begitu luas, jadi untuk mencari laut sangat jauh. Karena itu, mereka sangat antusias berwisata ke Bali,” terangnya.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno menyebutkan, pihaknya tengah menggarap tiga kota potensial yang menjadi kantong wisatawan dari China. Ketiga kota itu adalah Beijing, Shanghai dan Guangzhou. Secara nasional, tahun ini pihaknya menargetkan jumlah kunjungan wisatawan dari China mencapai 255 turis. “Selain Bali sebagai pintu utama, wisman asal China juga kita harapkan mengunjungi destinasi lainnya di Indonesia seperti Manado,” ujarnya. (dhi/sut)

 

 


Baca juga: Meat-O Ajengan, Café dan Resto Modern “Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima”