Search

Home / Aktual / Gaya Hidup

Bawa Pulang Oleh-Oleh Khas Bali yang Terkenal

Made Suteja   |    07 April 2023    |   09:45:00 WITA

Bawa Pulang Oleh-Oleh Khas Bali yang Terkenal
Ilustrasi - Pemandangan eksotis Pura Tanah Lot saat matahari terbenam. (Indonesia Travel)

SALAH satu destinasi liburan adalah dengan bermain ke pantai untuk menikmati lautan biru dan pasir putih yang bersih dan terlihat cantik. Belum lagi jika liburan bersama si kecil, membawanya ke pantai bisa sambil bermain pasir dan membuat istana pasir. Salah satu tempat terbaik untuk mengunjungi pantai adalah Pulau Bali.

Sudah bukan rahasia lagi jika Bali terkenal hingga ke mata internasional. Setiap tahunnya, ada banyak turis manca negara yang ingin menikmati pantai dan juga sinar matahari Bali yang hangat. Untuk pergi ke Bali, Anda bisa pesan tiket pesawat dengan mudah menggunakan aplikasi Traveloka.

Bali tidak hanya terkenal dengan pantai atau makanannya saja, namun oleh-oleh khas Bali juga banyak disukai. Berikut ini enam oleh-oleh khas Bali yang terkenal dan wajib untuk Anda bawa pulang.

Rekomendasi Enam Oleh-Oleh Bali

  1. Pie Susu

Saat mendengar nama Bali, pantai dan pie susu adalah dua hal yang identik. Ya, kudapan manis dengan bentuk yang khas ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Bali yang banyak disukai. Kudapan ini berbentuk bulat dengan pinggiran yang renyah, serta di tengahnya tedapat vla yang terbuat dari campuran susu, gula dan telur dan memiliki rasa yang lezat.

Karena jadi salah satu kudapan populer, banyak produsen pie susu yang menciptakan variasi pada produk pie susu dengan pilihan topping keju, kacang almond, dan masih banyak lagi. Harga satu kotak pie susu pun bervariasi, tergantung merek yang Anda beli. Harga satu box pie susu mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 28 ribu. Anda tidak perlu pusing mencari pie susu ini, karena pie susu cukup mudah ditemukan di Bali.

  1. Pia Eiji

Pia atau bakpia memang cukup identik dengan Yogyakarta. Namun, Bali juga memiliki oleh-oleh pia bernama Pia Eiji. Bentuk Pia Eiji ini sama seperti bentuk pia pada umumnya, serta memiliki pilihan rasa yang bervariatif.

Pia Eiji ini punya beberapa pilihan rasa, mulai dari rasa kacang ijo, rasa coklat, dan juga rasa keju. Untuk membawa pulang Pia Eiji, Anda bisa membeli satu kotak Pia Eiji seharga Rp 50 ribu dan mendapatkan 8 buah pia yang lezat.

  1. Pia Legong

Pia Legong merupakan salah satu produsen pia yang terkenal di Bali. Pia Legong ini merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak disukai, bersama dengan pie susu. Bentuk Pia Legong juga sama saja dengan pia pada umumnya, dengan isian yang banyak dan penuh.

Pia Legong ini punya tiga pilihan rasa, yaitu rasa kacang hijau, rasa coklat dan rasa keju. Anda bisa membeli Pia Legong dengan harga Rp 100 ribu dan mendapatkan 6 buah pia yang lezat dalam satu kotak.

  1. Kain Bali

Selain makanan, ada juga oleh-oleh khas Bali lainnya, salah satunya adalah kain Bali. Kain Bali punya pilihan motif dan warna yang cantik. Selain itu, Kain Bali juga terbuat dari bahan yang halus, sehingga saat digunakan akan terasa adem dan juga dingin.

Kain Bali ini dapat dengan mudah Anda temukan, teruatama di tempat-tempat wisata di pantai atau tempat belanja seperti Tanah Lot. Harga kain Bali pun beragam, mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 80 ribu, tergantung ukuran dan juga motif yang Anda pilih.

  1. Joger

Saat berkunjung ke Bali, kurang pas rasanya jika tidak pergi ke Joger. Joger merupakan produk kaos dan barang lainnya seperti sandal, tas, hingga kerajinan tangan yang sangat cocok untuk dijadikan buah tangan. Produk terkenal dari Joger tentu saja kaos dengan kata-kata nyeleneh dan juga lucu.

Joger sendiri merupakan singkatan dari dua nama pemilik bisnis ini. Jika Anda ingin membeli produk Joger, Anda bisa pergi ke Pabrik Kata-Kata Joger yang terletak di Kuta.

  1. Kopi Kintamani

Bali memang terkenal dengan suguhan pantai yang cantik. Namun, jika Anda ingin mengunjungi keindahan alam lainnya di Bali, Anda bisa naik ke daerah Kintamani. Kintamani merupakan daerah tinggi di Bali yang tidak kalah indah dengan pantai. Terletak di kaki gunung Batur, Anda bisa menikmati udara bersih dan sejuk.

Selain itu, Anda juga bisa mencicipi, bahkan membeli dan membawa pulang kopi Kintamani. Kopi Kintamani adalah salah satu kopi yang terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Rasa kopi Kintamani pun cukup unik, dengan aroma citrus yang khas namun memiliki tingkat keasaman yang rendah. Aroma kopi arabica ini pun sangat harum.

Nah, itu tadi enam rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang terkenal dan sangat cocok untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga ataupun diri sendiri. Jika Anda ingin berlibur ke Bali, Anda bisa dengan mudah pesan tiket pesawat di Traveloka. Ada banyak pilihan maskapai dengan harga yang murah dan promo menarik hanya untuk Anda. (dev/sut)


Baca juga: Pertimbangan Sebelum Memilih Konsep Acara Pernikahan