Search

Home / Aktual / Gaya Hidup

Enam Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja untuk Berlibur Bersama Keluarga

Made Suteja   |    12 April 2023    |   13:46:00 WITA

Enam Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja untuk Berlibur Bersama Keluarga
Pemandangan eksotis Pantai Wediombo di Jogja dengan pasir keemasan yang lembut dan terhampar sepanjang garis pantai. (shutterstock)

BERWISATA dengan naik pesawat jadi salah satu hal yang menyenangkan. Apalagi jika pilihan Anda jatuh pada Garuda Indonesia, yang memiliki rute dari Indonesia ke berbagai kota di Indonesia. Perjalanan dengan pesawat memang paling populer dilakukan untuk keperluan berwisata dan travel.

Salah satu rute populer Garuda Indonesia selain Jakarta – Bali adalah Jakarta – Jogja. Kota ini memang jadi salah satu kota paling terkenal dan menarik di Pulau Jawa. Jogja dikenal sebagai ibu kota budaya negara dan menjadi kota pendidikan yang menarik para seniman untuk menikmati pemandangan seni di kota ini.

Jogja juga terkenal karena merupakan kota dengan kesultanan yang telah menjadi bagian dari kota sejak tahun 1700-an. Tak heran, banyak wisata di Jogja yang berhubungan dengan bangsawan dan berbagai museum yang dapat dikunjungi.

Karena terletak di kaki Gunung Merapi dan dekat dengan tempat wisata ikonik seperti Candi Borobudur dan Prambanan, tak heran rute penerbangan Jakarta – Jogja jadi populer di kalangan wisatawan.

Ada banyak tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi di Jogja, terlebih ketika Anda memiliki banyak waktu luang. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata terbaik di Jogja.

Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jogja

1. Berwisata ke Museum Sono-Budoyo

Seperti yang telah disebutkan di atas, Jogja adalah kota yang memiliki berbagai museum. Salah satu museum terbaik yang dapat Anda kunjungi adalah Museum Sono-Budoyo yang memamerkan koleksi seni Jawa di dalamnya.

Museum ini sangat cocok bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang seni dari daerah Jogja. Museum ini memiliki berbagai koleksi mulai dari wayang, topeng, persenjataan, hingga tekstil Indonesia.

Museum ini memiliki arsitektur Hindu yang kental, sehingga Anda bisa menemukan banyak sekali ukiran dan patuh yang indah. Salah satu yang menarik dari museum ini adalah pertunjukkan boneka yang sering diselenggarakan.

2. Ikuti Arung Jeram di Sungai Progo

Anda suka dengan wisata yang menguji adrenalin? Maka kunjungi Sungai Progo yang cantik dan sewa kayak untuk melakukan arung jeram. Wisata ini memang tidak biasa dengan suasana Jogja yang tenang, namun arung jeram di Sungai Progo ini jadi salah satu tempat wisata terbaik yang dimiliki kota ini.

Anda bisa menikmati flora dan fauna yang subur dari sudut pandangan Anda sambil memompa adrenalin Anda. Jika datang ke sini, Anda juga bisa menggabungkan kunjungan ke Sungai Elo yang berdekatan untuk menikmati alam Jogja yang indah.

3. Kunjungi Hewan di Kebun Binatang Gembira Loka

Jika melihat flora dan fauna saat arung jeram tidak memuaskan Anda, maka kunjungilah Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun binatang ini terletak di tenggara kota Jogja dengan berbagai koleksi reptil dan burung asli Indonesia.

Suasana kebun binatang yang tenang dan tenteram akan membawa Anda menikmati wisata dan jalan-jalan di dalamnya. Pemandangan tropis juga disajikan setiap Anda mengunjungi kandang hewan yang ada.

4. Jelajahi Pantai Wediombo

Pantai Pangandaran bukan satu-satunya pantai di Jogja yang bisa dikunjungi. Jogja memiliki berbagai pantai yang indah, salah satunya Pantai Wediombo yang memiliki arti Pantai Pasir Lebar. Pantai ini memiliki pasir keemasan yang lembut yang terhampar sepanjang garis pantai.

Di sini, Anda juga bisa menikmati sajian makanan lezat khas Jogja yang dijajakan oleh penduduk setempat. Bahkan jika ingin, Anda bisa memancing untuk mendapatkan ikan sendiri. Apalagi perairan di bagian Jogja ini dipenuhi dengan berbagai spesies yang berbeda meskipun salah satu ikan asli daerah tersebut adalah ikan Panjo.

5. Mengunjungi Taman Sari

Seperti Kraton atau Istana Kerajaan yang terkenal, perjalanan ke Jogja tidak lengkap tanpa kunjungan ke Taman Sari. Lokasi wisata ini juga memiliki nama lain Istana Air Taman Sari.

Bangunan ini terletak di barat daya Kraton dan menjadi bangunan yang megah pada masanya. Taman Sari memiliki kolam yang biasanya dinikmati oleh anggota kerajaan. Namun, sayangnya, sebagian besar bangunan telah runtuh dan menyisakan sisa-sisa kemegahan bangunna.

Anda bisa menikmati sore hari sambil berfoto untuk mengabadikan momen saat berada di Jogja.

6. Nikmati Gudeg Khas Jogja

Kota-kota di Indonesia tentu memiliki makanan khas yang dapat Anda nikmati saat berkunjung. Tak terkecuali Jogja yang terkenal dengan gudeg. Makanan ini terbuat dari nangka yang direbus bersama santan hingga berwarna kecoklatan dengan rasa yang manis dan gurih.

Biasanya disajikan dengan nasi yang hangat. Jika ke Jogja, Anda bisa berkunjung ke beberapa restoran gudeg terkenal seperti Bale Raos, Ibu Ageng, dan Gudeg Pawon yang terletak di Jalan Janturan.

Jogja memang memiliki banyak tempat yang wajib dikunjungi oleh siapapun yang datang. Wisata lokal atau mancanegara dapat menikmati pemandangan hingga kuliner yang disajikan di kota ini.

Keindahan kota yang dipadukan dengan keramahan masyarakat sekitar juga jadi salah satu alasan mengapa rute penerbangan Jogja di Traveloka menjadi yang paling populer setelah Bali.

Jika Anda memiliki keinginan untuk berkunjung ke Jogja, tak ada salahnya untuk melakukan pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia di Traveloka. Dapatkan harga murah dengan promo diskon yang menarik setiap harinya!

(dev/sut)


Baca juga: Pertimbangan Sebelum Memilih Konsep Acara Pernikahan