Search

Home / Aktual / Ragam

Sidakarya Gelar Penghijauan dan Bersih Pantai

Made Suteja   |    18 Mei 2023    |   18:09:00 WITA

Sidakarya Gelar Penghijauan dan Bersih Pantai
Warga Desa Sidakarya, Kota Denpasar menggelar penghijauan dan bersih pantai di kawasan Manggrove, Kamis (18/5/2023) di Denpasar. (foto/heru)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Desa Sidakarya, Kota Denpasar menggelar penghijauan dan bersih pantai di kawasan Manggrove, Kamis (18/5/2023) di Denpasar.

Kegiatan dalam rangka peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong dan HUT ke-41 Desa Sidakarya ini melibatkan desa adat, desa dinas, Badan Permasyarakatan Desa (BPD), Kerthi Bali Sejahtera (KBS), LPM dan kelompok pemuda.

Perbekel Desa Sidakarya Wayan Madrayasa mengatakan, pihaknya sengaja menggelar acara penghijauan dan bersih-bersih pantai, selain dalam rangka HUT Desa, agar masyarakat lebih memahami potensi pantai dalam kegiatan keagamaan. “Supaya masyarakat semakin tahu dan paham bahwa inilah pantai Desa Sidakarya yang bisa kita gunakan untuk kegiatan keagamaan,” jelasnya.

Penataan akses masuk pantai

Menurutnya, saat ini akses tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Mengingat, untuk menuju kawasan Manggrove masih tergolong sulit. Yakni harus menggunakan jukung melalui desa sebelah yakni Sanur Kauh. Begitu juga dengan kondisi pantai terisolir, bahkan banyak sampah dan manggrove yang kering. Desa Sidakarya telah menyampaikan aspirasinya terkait akses menuju pantai.

“Kita sudah membuat permohonan ke Provinsi (Pemprov Bali, red) supaya Bapak Gubernur terketuk hatinya untuk segera merealisasikan (penantaan, red) akses untuk masuk ke pantai niki,” harapnya.

Madrayasa menegaskan, Desa Sidakarya sangat mendukung program-program dari pemerintah. Terlebih dengan penataan kawasan dan akses menuju pantai. Ditambah lagi dengan rencana pembangunan Terminal LNG. “Apapun program dari pemerintah ini, kami sangat mendukung sekali. Apalagi dalam kaitannya penataan (kawasan) ini,” akunya.

Dukung Terminal LNG

Mengenai Terminal LNG, pihaknya menegaskan bahwa Desa Sidakarya sangat mendukung program tersebut. Sesuai dengan kesepakatan yang tertuang antara Desa Serangan, Sesetan, Sidakarya, dan Sanur Kauh.  Alasannya, dengan adanya pembangunan tersebut, tentunya akan dilakukan penataan kawasan dan akses masuk. Selain itu juga akan memiliki dampak positif secara sosial dan ekonomi bagi masyarakat.

“Kami sangat mendukung. Selain akses tadi, di samping itu berdampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat dan generasi muda kita ke depannya,” jelasnya.

Adanya pembangunan Terminal LNG merupakan salah satu upaya dalam mandiri energi. Oleh karena itu, Desa Sidakarya mendesak agar segera dilakukan penataan Pantai Sidakarya dan merealisasikan pembangunan Terminal LNG tersebut.

“LNG ini sangat kita butuhkan untuk mengurangi pasokan listrik dari luar Bali. Kami sudah melalukan aksi damai dengan pemasangan baliho pada bulan April lalu sebagai bentuk dukungan. Apa yang kami lakukan ini sudah kami parum-kan bersama tokoh-tokoh masyarakat kami. Masyarakat sangat mendukung sekali, berharap secepatnya direalisasikan,” tegasnya. (her/sut)


Baca juga: 172 STB Dibagikan untuk Warga Miskin Esktrem di Panji