Search

Home / Aktual / Politik

Sebelum Dipilih, Cek Rekam Jejak Caleg

Made Suteja   |    31 Mei 2023    |   16:27:00 WITA

Sebelum Dipilih, Cek Rekam Jejak Caleg
Ilustrasi Pemilu 2024 (medcom)

SINGARAJA, PODIUMNEWS.com – Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan bahwa pemilih cerdas akan mengecek rekam jejak dari calon legistatif (caleg) yang bakal dipilih jadi wakil rakyat pada pemilu 2024 nanti.

Hal itu disampaikan Dudhi Udiyana pada Talk Show Gerakan Cerdas Memilih, Menuju Pemilih Cerdas, Rabu (31/5/2023) di Singaraja.

Salah satunya dengan cara mengecek media sosial caleg tersebut . Supaya persis tahu tentang rekam jejak caleg itu sebelum diputuskan untuk dipilih. "Jika itu sudah dipastikan, jangan lupa datang ke TPS dan gunakan hak pilih kita,” ajaknya.

Tapi sebelum itu, jangan lupa juga mengecek diri apakah sudah terdaftar atau belum sebagai daftar pemilih. Apalagi cara pengecekan juga sudah dipermudah lewat aplikasi cek DPT online yang disiapkan KPU.

"Misal belum terdaftar agar segera dilaporkan," pintanya.

Selanjutnya Dudhi menegaskan bahwa keberhasilan pemilu bukan cuma tanggungjawab KPU saja, tetapi semua pihak. Karena ada tiga faktor yang menentukan kesuksesan pemilu, yaitu  peserta pemilu, penyelenggara pemilu dan pemilih itu sendiri.  

“Tanpa itu semua pemilu tidak akan bisa berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Oleh karena itu, Dudhi mengajak semua pihak pada tanggal 14 Februari 2024 nanti agar datang ke TPS untuk menggunakan pilih.  “Tunjukan tinta di jari kepada semua orang bahwa kita sudah menggunakan hak pilih,” ucapnya.

Senada, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Buleleng Komang Kappa Tri Aryandono mengatakan bahwa pemilih cerdas harus rajin menggali informasi tentang caleg yang akan dipilih.

"Saya harapkan untuk lebih berhati-hati akan informasi hoaks, dan tidak menggunakan politik identitas," tutupnya. (sut)

 


Baca juga: Putusan PN Jakpus Tak Bisa jadi Dasar Penundaan Pemilu