Search

Home / Aktual / Hukum

Gaji Tak Mencukupi, Buruh Proyek Bobol Warung

Editor   |    07 Juni 2023    |   16:28:00 WITA

Gaji Tak Mencukupi, Buruh Proyek Bobol Warung
Polsek Densel AKP Kalpika Sari, Rabu (7/6/2023), memberi keterangan pers terkait penangkapan Hendrikus sebagai tersangka pencurian di sebuah warung di Jalan Raya Sesetan Denpasar. (foto/hes)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Berdalih gajinya sebagai buruh proyek tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, Hendrikus Kalumbang (32) nekat mencari jalan pintas.

Pria asal Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT)  ini nekat membobol warung atau Kedai Hapies dan Poci di Jalan Raya Sesetan, Denpasar Selatan, pada Selasa (30/5/2023) dini hari. Barang curian yang berhasil digondol di warung tersebut yakni sebuah handphone, uang Rp 1 juta dan 2 buah tabung gas elpiji.

Aksi pencurian ini diketahui pemilik warung, pada Selasa (30/5/2023) sekitar pukul 07.00 WITA dan melaporkanya ke Polsek Denpasar Selatan (Densel).

Menurut Kapolsek Denpasar Selatan AKP Ida Ayu Made Kalpika Sari, tersangka Hendrikus sudah merencanakan aksinya. Dua hari sebelumnya dia sudah memantau TKP.

Nah, sepulang dari tempat pameran di Sesetan sekitar pukul 02.00 WITA, tersangka Hendrikus mengendarai motor menuju warung yang menjual terang bulan tersebut. Tersangka lalu memarkir motor dan duduk depan toko sambil mengamati lokasi.

Merasa situasi aman, ia lantas mengeluarkan besi sepanjang 25 cm dari jok motor. Besi itu digunakan untuk mencongkel kunci gembok pada rolling door. Akhirnya tersangka berhasil masuk dan mengambil barang serta uang di laci kasir.

Tak luput, ia juga menggasak dua tabung elpiji 3 kg di bawah meja kitchen set. Esok paginya, dua gas elpiji itu dijual ke warung kelontong di Jalan Diponegoro seharga Rp 200 ribu.

"Sementara uang hasil kejahatan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan membeli minuman keras,” ungkap Kapolsek Ayu Kalpika, Rabu (7/6/2023) di Denpasar.

Hasil lidik polisi dan pemeriksaan memeriksa rekaman CCTV menduga pelakunya adalah Hendrikus Kalumbang (32). Sehingga pria yang bekerja sebagai buruh proyek ini ditangkap di tempatnya bekerja, Jalan Tukad Buaji, Sesetan, Denpasar Selatan.

"Ia mengaku baru sekali mencuri. Kami masih mendalami keteranganya," ujarnya.

Dalam pengakuanya, tersangka Hendrikus mengatakan ia baru sekali mencuri karena gaji yang diperolehnya jadi buruh proyek tidak bisa menutupi kebutuhan hidup. Pria yang belum menikah ini nekat membobol warung sendirian.

Setelah itu, uang hasil jual tabung gas digunakan untuk mabuk-mabukan bersama temanya. "Ya pak uangnya saya beli minuman keras sama teman-teman," bebernya. (hes/sut)


Baca juga: Paksa Pacar Aborsi, Pengusaha Toko Emas Dilaporkan ke Polisi