Search

Home / Aktual / Edukasi

BI Beri Beasiswa untuk 50 Mahasiswa Universitas Warmadewa

   |    05 Agustus 2020    |   21:28:34 WITA

BI Beri Beasiswa untuk 50 Mahasiswa Universitas Warmadewa
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho saat menyerahkan secara simbolis beasiswa yang diterima Rektor Universitas Warmadewa Prof dr I Dewa Putu Widjana, DAP&E Sp ParK. (Foto: ant/Istimewa)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho menyerahkan secara simbolis beasiswa bagi 50 mahasiswa Universitas Warmadewa Denpasar, sekaligus dirangkai dengan program BI Mengajar.

"Ini merupakan kontribusi Bank Indonesia dalam menyiapkan generasi muda Bali untuk berprestasi dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Bali dan masyarakat," kata Trisno Nugroho saat menyampaikan sambutan pada acara penandatanganan perjanjian kerja sama dan penyerahan beasiswa tersebut di Kampus Universitas Warmadewa Denpasar, Rabu (5/8).

Universitas Warmadewa menjadi kampus keempat di Bali yang disasar program beasiswa yang merupakan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), sebagai upaya untuk berperan aktif dalam peningkatan kualitas masa depan sumber daya manusia Indonesia.

Program beasiswa yang sudah berlangsung sejak 2003 itu, awalnya untuk mahasiswa Universitas Udayana kemudian berkembang diterima juga oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha, lalu Universitas Pendidikan Nasional.

Untuk 2020, sebelumnya Kantor Perwakilan Bank Indonesia sudah memberikan beasiswa kepada 175 mahasiswa jenjang sarjana strata 1 (S1) reguler di dua perguruan tinggi negeri (PTN) mitra kerja sama, yaitu Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha, serta satu perguruan tinggi swasta (PTS) yaitu Universitas Pendidikan Nasional.

"Berdasarkan hasil asesmen yang telah dilaksanakan pada 26 Juni 2020, Universitas Warmadewa telah disetujui oleh Kantor Pusat Bank Indonesia sebagai PTS penerima program beasiswa Bank Indonesia," ujar Trisno.

Sebanyak 50 mahasiswa Universitas Warmadewa yang menerima beasiswa dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali itu masing-masing menerima beasiswa Rp1 juta selama enam bulan (Juli-Desember 2020).

"Kami tidak saja memberikan bantuan biaya pendidikan, penerima beasiswa juga akan dilatih komunikasi, aktivitas sosial, kepemimpinan, dan juga mengikuti kegiatan perkemahan. Bahkan yang terbaik juga akan bersaing di tingkat nasional," ucapnya.

Oleh karena itu, Trisno mengharapkan beasiswa tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan nantinya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi ataupun beraktivitas di pemerintahan dan swasta.

Terkait dengan program BI Mengajar, dalam kesempatan itu Trisno banyak memaparkan mengenai peran dan fungsi Bank Sentral di era modern.

"Program BI Mengajar ini untuk memperingati HUT Ke-67 BI dan juga HUT Ke-75 Kemerdekaan RI," katanya.

Rektor Universitas Warmadewa Prof dr I Dewa Putu Widjana, DAP&E Sp ParK mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Bank Indonesia.

"Kami siap untuk mempertanggungjawabkan kepercayaan yang telah diberikan pada kami, kami akan menyeleksi penerima beasiswa sebaik mungkin sehingga mendapatkan mahasiswa yang terbaik dari 13 ribu mahasiswa aktif. Semoga beasiswa yang diterima dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga melahirkan lulusan yang profesional," ujar dia.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali Dr Drs Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, MSi mengatakan beasiswa tersebut tepat di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

"Kolaborasi yang baik ini harus terus dikembangkan ke depannya, karena kami juga memiliki inkubator bisnis yang tentunya memerlukan sentuhan Bank Indonesia dan kami pun memiliki Warmadewa Research Center," ucap Wisnumurti.

Dalam kesempatan itu, juga hadir Anggota Komisi XI DPR I Gusti Agung Rai Wirajaya yang menyampaikan pembicara kunci. (ANT/RIS/PDN)


Baca juga: Pimpin Komite Sekolah, Hendra: Tingkatkan Sinergi Membangun SD N 2 Tanjung Ratu