Search

Home / Aktual / Politik

Penguatan Karakter Kebangsaan, Nyoman Parta Sosialisasikan Empat Pilar

   |    08 Agustus 2020    |   18:32:27 WITA

Penguatan Karakter Kebangsaan, Nyoman Parta Sosialisasikan Empat Pilar
Anggota Komisi VI DPR-RI, Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bali, I Nyoman Parta (tengah) saat melaksanakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dengan ratusan siswa SMAN 1 Sukawati, Jumat (7/8). (Foto: Istimewa)

GIANYAR, PODIUMNEWS.com - Penguatan pendidikan karakter bangsa dan cinta terhadap NKRI dengan tetap berpedoman pada Pancasila, UUD 1945, serta Bhinneka Tunggal Ika terus digelorakan oleh Anggota Komisi VI DPR-RI, Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bali, I Nyoman Parta saat melaksanakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dengan ratusan siswa SMAN 1 Sukawati, Jumat (7/8).

Kegiatan yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ini diiukti kurang lebih 100 orang yang terdiri dari siswa, guru dan pegawai SMAN 1 Sukawati, dan dalam kesempatan itu, Nyoman Parta mengugah rasa nasionalisme, bangga anak muda di SMAN 1 Sukawati terhadap bangsa Indonesia dengan memputar kembali video Pidato Bung Karno di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat, yang mana dalam pidatonya Presiden pertama Republik Indonesia tersebut mengemukakan konsep Pancasila yang merupakan intisari dari peradaban Indonesia.

"Jadi Indonesia ini adalah bangsa yang hebat, untuk itu kita bangga punya Presiden RI, Bung Karno yang berani bicara Pancasila di PBB dan disambut dengan tepuk tangan warga dunia dengan bergemuruh," kata Parta dihadapan siswa seraya menjelaskan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, NKRI, UUD 1945, serta Bhinneka Tunggal Ika, red).

“Ini sengaja saya gencar sosialisasikan dihadapan generasi muda, khususnya anak-anak sekolah yang merupakan generasi milenial,” imbuhnya.

Politisi Banteng Moncong Putih Asal Desa Guwang ini menilai di dalam menghadapi era digitalisasi seperti sekarang ini, anak-anak muda harus kuat secara pondasi kebangsaan, dan 4 pilar ini harus menjadi dasar yang wajib diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara salah satu peserta, I Made Pagarat dari Kelas XI IPA 3 mengaku sangat merasa sangat senang mendapatkan kesempatan hadir dalam sosialisasi ini.

"Pandemi Covid-19 telah membuat kita lama tidak kumpul bersama teman, namun dengan adanya sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dibawakan oleh Pakman Parta membuat kita kembali ke sekolah, dan yang menarik sekali dalam acara ini kita dilibatkan aktif dalan proses tanya jawab dengan gaya anak muda," jelasnya.

Disisi lain, Kepala Sekolah SMAN 1 Sukawati, I Wayan Widia, S.Pd., M.Pd mengatakan kegiatan sosialisasi ini sangat positif dan bermanfaat. "Para siswa sangat antusias, bahkan guru-guru juga terlibat aktif, terima kasih sudah memberikan penguatan karakter untuk anak-anak didik kami," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Sukawati, Putra. Katanya, saat ini di Medsos dan Televisi kita selalu melihat informasi yang mengancam keberadaan bangsa Indonesia yang ingin merongrong dasar negara kita. Sehingga sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, adalah hal yang sangat penting untuk kita terus gelorakan, agar kita memiliki jatidiri yang kuat dalam berbangsa dan bernegara.

Diakhir acara, Nyoman Parta menyerahkan 50 biopori kepada SMAN 1 Sukawati, untuk selanjutnya bisa bermanfaat positif untuk lingkungan sekolah. (RIS/PDN)


Baca juga: Bambang Soesatyo: Puluhan Juta Data WNI Disimpan Asing