Search

Home / Ekonomi dan Bisnis

Ny. Putri Koster: Yuk, Kita Pertahankan Tabanan sebagai Lumbung Padinya Bali

Editor   |    14 September 2020    |   19:17:55 WITA

Ny. Putri Koster: Yuk, Kita Pertahankan Tabanan sebagai Lumbung Padinya Bali
Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster hadiri acara panen bawang putih Desa Babahan, Tabanan, pada Minggu (13/9).

TABANAN, PODIUMNEWS.com - Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster mengajak seluruh petani di Tabanan untuk kembali ke jati diri sesungguhnya. Ajakan tersebut disampaikannya saat acara panen bawang putih Desa Babahan, Tabanan, pada Minggu (13/9).

Di hadapan puluhan petani, pendamping orang nomor satu di Bali itu mengatakan, Tabanan harus bangga dinobatkan sebagai lumbung padinya Bali. Sebab dari Tabanan kebutuhan bahan pokok beras masyarakat di Bali tercukupi.

Untuk itu, harap dia, hendaknya kembali ke jati diri petani yang sesungguhnya, bekerja secara tulus serta meneruskan ritual dan tradisi leluhur dalam bidang pertanian, baik secara sekala maupun niskala sangat dibutuhkan.

"Yuk, kita pertahankan predikat Tabanan sebagai lumbung padinya Provinsi Bali," ajaknya.

Di samping itu, ia juga mengajak para pemimpin di Desa Babahan, baik bendesa maupun kelian subak untuk ikut memperhatikan kesejahteraan para petani.

Ia menyontohkan, misalnya membuat koperasi petani, sehingga keperluan para petani bisa diakomodir di sana.

Selain itu, kehadiran koperasi petani di Desa Babahan juga diharapkan bisa menjaga kestabilan harga komoditi, serta memangkas jalur distribusi yang biasanya memberatkan para petani.

"Misalnya, selama ini banyak tengkulak yang menawar harga komoditi dengan sangat murah, di sini tentu saja petani akan rugi, maka dari itu, diharapkan kehadiran koperasi bisa meringankan masalah tersebut," katanya.

Untuk mencapai hal tersebut, dia pun meminta bendesa maupun kelian subak untuk mulai aktif mencari informasi tentang permodalan.

"Seharusnya permodalan bukanlah masaah yang sulit. Kita punya BPD, banknya rakyat Bali. Jika secara aktif mencari permodalan, pasti akan dibantu," tegasnya.

Dengan terwujudnya koperasi petani, serta swasembada hasil pertanian di Babahan dan Tabanan pada umumnya, ia berharap kelak kebutuhan pokok masyarakat Bali bisa disalurkan dari Tabanan.

"Kita bisa mandiri secara pangan, sehingga ini sesuai dengan visi misi bapak Gubernur kita, Nangun Sat Kerthi Loka Bali," katanya. (BAS/PDN)