Search

Home / Khas /

Berkat RA Kartini, Nariasih Bisa Bekerja Sambil Kuliah

   |    25 April 2022    |   22:29:00 WITA

Berkat RA Kartini, Nariasih Bisa Bekerja Sambil Kuliah
Nariasih saat melaksanakan tugasnya sebagai Kantik Dishub Buleleng, Senin (25/4). (foto Suteja)

EMANSIPASI perempuan diperjuangkan RA Kartini sangat dirasakan dampaknya oleh generasi selanjutnya tak terkecuali Putu Nariasih, staf Kancil Cantik (Kantik) yang bekerja di Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng.

Nariasih mengakui berkat perjuangan RA Kartini, ia bisa bekerja sembari terus melanjutkan pendidikannya ke  jenjang perguruan tinggi. Ia menilai Kartini merupakan sosok yang kuat, tangguh, dan memiliki semangat yang luar biasa.

“RA Kartini menginspirasi banyak orang khususnya kaum wanita dan Kartini berhasil membuktikan kaum wanita memiliki kesetaraan dengan kaum pria,” ujarnya di Singaraja, Senin (25/4). 

Nariasih sebagai wanita karier merasa bangga dan bersyukur karena semangat perjuangan Kartini menginspirasinya menjadi wanita yang tangguh. Bekerja sebagai Kantik di Dishub Buleleng membuat Nariasih harus siap melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan. Tentu di sini dirinya harus disiplin dengan waktu dan siap menjalankan segala tugas yang diberikan. 

Adapun tugas-tugasnya disebutkan oleh Nariasih meliputi pengamanan dan pengaturan lalu lintas guna menjamin kelancaran lalu lintas di seputaran Kota Singaraja.

Selama melaksanakan tugas, Nariasih sebagai kantik mendapatkan porsi tugas yang sama dengan kancil-kancil lainnya. “Tantangannya adalah dari segi fisik yang harus selalu prima selama di lapangan. Untuk itu, harus selalu menjaga kondisi agar tetap bisa enerjik sepanjang hari,” tuturnya.

Selain itu, pelayanan prima kepada masyarakat juga merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Untuk itu, Nariasih selalu tersenyum dan ramah kepada masyarakat.

Bekerja sambil kuliah, membuat Nariasih harus selalu mengatur waktu antara pekerjaan dengan perkuliahan. “Saya memprioritaskan waktu setelah jam kerja untuk menjalani segala kegiatan perkuliahan,” ucapnya.

Nariasih mengaku bersyukur karena dalam menjalani kuliah dirinya didukung semua pihak. Mulai dari keluarganya, rekan-rekan kerjanya, maupun pimpinannya di Dishub Buleleng. (Suteja)

 


Baca juga: Pengamalan dan Perwujudan Nilai-nilai Pancasila di Bidang Ekonomi