Search

Home / Muda / Kampus

60 Lulusan Bidan Undiksa Ikuti Pengambilan Sumpah

Editor   |    19 Oktober 2023    |   16:04:00 WITA

60 Lulusan Bidan Undiksa Ikuti Pengambilan Sumpah
Acara pengambilan sumpah dan janji bidan lulusan D-3 Kebidanan Undiksha, Kamis (19/10/2023) di Singaraja. (foto/suteja)

SINGARAJA, PODIUMNEWS.com - Puluhan lulusan Program Studi D-3 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mengikuti Pengambilan Sumpah dan Janji Bidan, Kamis (19/10/2023) di Singaraja.

Acara ini diikuti 60 lulusan yang akan mengikuti wisuda pada periode November 2023 mendatang. Pengambilan sumpah dan janji dilakukan Ketua Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (PD-IBI) Provinsi Bali, Bdn Luh Putu Sukarini, MKes.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Prof Gede Rasben Dantes menyampaikan Undiksha telah berupaya memberikan layanan akademik yang terbaik bagi mahasiswa prodi D-3 Kebidanan dalam rangka mewujudkan lulusan yang unggul dan berdaya saing.

Meski demikian, dengan melihat perkembangan ke depan dan persaingan yang semakin ketat, para lulusan diajak untuk terus mengembangkan kompetensinya. Lebih dari itu juga harus memiliki keterampilan critical thinking, collaboration, communication, character, compassion, dan computational thinking.

Ia juga mengajak saat terjun ke masyarakat, para lulusan dapat menjadi pelayan yang profesional dan dapat mengimplementasikan keilmuannya sesuai dengan sumpah dan janji yang telah diikrarkan. Selain itu, juga dapat selalu menunjukkan sikap yang baik sesuai dengan landasan visi Undiksha, yaitu Tri Hita Karana.

Ketua PD-IBI Provinsi Bali, Luh Putu Sukarini menyampaikan apresiasi kepada Undiksha yang telah berjuang melahirkan ahli madya kebidanan. Ia juga mengharapkan para lulusan ini nantinya dapat memberikan pelayanan yang profesional bagi masyarakat.

Selain itu juga harus taat terhadap fisilofi kebidanan, kode etik dan moral. “Saya meminta pada lulusan ini bisa menjaga filosofi kebidanan dan berpegang teguh pada regulasi yang ada,” tegasnya.

Memasuki era revolusi industri 4.0, tantangan yang akan dihadapi semakin kompleks dan sangat rentan terjadinya perubahan. Hal ini diharapkan dapat diantisipasi oleh para lulusan dengan terus mengembangkan kompetensi dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi serta belajar sepanjang hayat. (suteja)


Baca juga: Mahasiswa Diminta Menjadi Pelopor Pemilih Cerdas