Search

Home / Muda / Komunitas

STAH DN Jakarta: Tindakan Kecil Berdampak Besar

Editor   |    23 Juni 2024    |   17:33:00 WITA

STAH DN Jakarta: Tindakan Kecil Berdampak Besar
Aksi penanaman pohon oleh Ketua STAH Dharma Nusantara Jakarta I Made Sutresna, pada Minggu (23/6/2024) di Pura Agung Taman Sari Halim Perdana Kesuma, Jakarta. (foto/devi)

JAKARTA, PODIUMNEWS.com - Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Hindu Angkatan 2021 Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Nusantara (DN) Jakarta gelar mini workshop tentang kelestarian lingkungan.

Kegiatan untuk memenuhi tugas akhir semester VI yang mengusung tema "Sadar Lingkungan: Tindakan Kecil Berdampak Besar" ini adalah kerjasama dengan  Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI).

Para peserta selain menerima materi seputar merawat lingkungan, juga diajak praktek membuat resapan lubang biopori dipandu oleh Departement Sosmas KMHDI.

Kegiatan dibuka secara langsung dengan simbolis penanaman pohon oleh Ketua STAH Dharma Nusantara Jakarta I Made Sutresna, pada Minggu (23/6/2024) di Pura Agung Taman Sari Halim Perdana Kesuma, Jakarta.

Pada kesempatan itu, Sutresna menyampaikan apresiasi terhadap mahasiswa Ilmu Komunikasi Hindu Angkatan 2021 atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap agar kegiatan yang serupa bisa terlaksana kembali.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi tempat penyelenggaraannya, baik itu pembuatan penanaman pohon maupun pembuatan lubang biopori. Saya harap kegiatan ini bisa terus berlanjut dan dilaksanakan di tempat-tempat yang lain," ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Tempek Pura Agung Taman Sari Halim, I Gusti Wiracana menjelaskan bahwa terselenggaranya kegiatan oleh mahasiswa ini di awali dengan berkoordinasi terkait kebutuhan Pura.

“Saya sempat diskusikan dengan ketua panitia agar tanaman-tanaman yang di-support ke pura adalah tanaman-tanaman yang memiliki nilai manfaat baik untuk pura,” jelasnya.

“Jangan lelah untuk berbuat baik, karena ke depannya pasti akan ada karma baik dari hasil perbuatan tersebut,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Dewa Gede Brahmanca menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan projek UAS (Ujian Akhir Semester) untuk nilai akhir semester 6 pada mata kuliah marketing publik relation.

"Selain dalam rangka memeriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 juni lalu, kegiatan ini juga untuk memenuhi tugas UAS kami pada semester 6. Kami mulai mempersiapkan kegiatan ini sejak Ujian tengah semester dan terpilihnya kegiatan kami berdasarkan hasil voting kelas. Selama prosesnya kami didampingi langsung oleh dosen kami, Mbok Putu Asrinidevy," kata Dewa.

Hadir sebagai narasumber kegiatam ini antara lain, Putu Sariati, SPd (Ketua Pokjaluh DKI Jakarta), Muhammad Aminullah (Juru Bicara WALHI DKI Jakarta), dan Wayan Ardi Adnyana (Ketua Departemen Sosmas PP KMHDI). (devi/suteja)

 


Baca juga: KMHDI Dorong Anak Muda Berani Jadi Wirausaha