Search

Home / Lifestyle

Warga Demak Bisa Tukar Botol Plastik dengan Bibit Tanaman

Redaktur   |    20 Maret 2022    |   20:25:00 WITA

Warga Demak Bisa Tukar Botol Plastik dengan Bibit Tanaman
Forum Demak Hijau (FDH) mempunyai cara unik dalam mengajak masyarakat Demak untuk menjaga lingkungannya. Yakni, dengan menukarkan sampah botol plastik dengan bibit tanaman. (Foto: doc.jatengprov/Istimewa)

DEMAK, PODIUMNEWS.com – Forum Demak Hijau (FDH) mempunyai cara unik dalam mengajak masyarakat Demak untuk menjaga lingkungannya. Yakni, dengan menukarkan sampah botol plastik dengan bibit tanaman.

Ternyata, cara tersebut berhasil. Sebanyak 1.200 bibit tanaman yang disiapkan, ludes dalam waktu kurang dari dua jam. Bahkan, banyak yang sudah antre, namun tidak mendapatkan bibit tanaman yang dimaksud.

Ketua FDH Sodik menyampaikan, sampah botol plastik memiliki dampak buruk terhadap residu lingkungan. Sebab, proses penguraian botol plastik bisa memakan waktu ratusan tahun, bahkan ribuan tahun dan akan menjadi limbah berbahaya.

Untuk itu, pihaknya berinisiasi menggelar kegiatan tukar botol dengan bibit, dengan harapan, masyarakat termotivasi untuk menyelamatkan alam dari sampah plastik.

“Mekanisme penukaran botol, kita tentukan ukuran dan bibitnya. Tiga botol ukuran 600 mililiter ditukar satu (bibit) tanaman sayuran, empat botol ditukar satu bibit tanaman bunga. Dan tiga botol ukuran 1,5 liter ditukar satu bibit pohon, bila empat botol ditukar satu bibit buah,” jelas Sodik dalam keterangannya.

Subkoordinator Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak Agung Suwondo, menyampaikan apresiasi terhadap FDH yang telah memprakarsai kegiatan tersebut. Sebab menurutnya, sampah botol plastik yang dibuang sembarangan bisa mengakibatkan penyumbatan saluran air, sehingga berpotensi mendatangkan banjir.

“Ribuan botol yang sudah terkumpul ini akan disetorkan pada pengepul, dan ke depannya akan dilakukan kerja sama dengan pihak lain yang memiliki mesin penghancur plastik,” ungkap Agung. (RIS/PDN)


Baca juga: Fashion Show untuk Promosikan Endek Bali