Search

Home / Aktual / Ekonomi

Promosi Digital Dongkrak Kunjungan Turis Lokal

Editor   |    17 April 2024    |   19:06:00 WITA

Promosi Digital Dongkrak Kunjungan Turis Lokal
Tampak sejumlah wisatawan domestik mengunjungi kawasan wisata Pantai Lovina, Buleleng, saat liburan Lebaran. (foto/suteja)

SINGARJA, PODIUMNEWS.com – Promosi menggunakan teknologi digital terbukti ampuh mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan domestik (Wisdom) atau turis lokal ke Buleleng.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Buleleng Agus Widya Suputra, Rabu (17/4/2024) di Kota Singaraja.

Ia menjelaskan promosi gencar dilakukan dengan memanfaatkan masa libur pajang Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. “Ini dapat menjadi momen yang memikat bagi wisatawan lokal untuk menjelajahi keindahan destinasi wisata di Buleleng,” ujarnya.

Terbukti, sebut Agus, data terbaru dihimpun Dispar Buleleng pada pertengah April ini menunjukkan lonjakan signifikan kunjungan wisatawan lokal sebesar 58 persen dibanding hari-hari biasanya.

Pihaknya sengaja menyasar segmentasi wisatawan lokal sesuai intruksi Kemenparekraf tentang program "Bangga Berwisata di Indonesia".  Di mana program ini outputnya adalah perputaran ekonomi di lingkup Indonesia saja.

"Kami adopsi program itu dengan strategi yang kami lakukan dengan menyasar wisatawan lokal. Salah satunya dengan mempublis konten kepariwisataan di semua platform media sosial," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga memanfaatkan Google edsense untuk menargetkan titik lokasi yang ditentukan. Kemudian pemanfaatan aplikasi Visit North Bali juga memberikan dampak bagi wisatawan untuk mengakses tempat wisata dan hotel di Buleleng. Sehingga dengan strategi ini wisatawan tertarik menginap dan memperpanjang liburannya.

"Alhasil selain kunjungan wisatawan naik, okupansi hotel juga naik rata-rata 15-20 persen. Ini adalah langkah yang sangat baik dan akan disempurnakan ke depan agar wisatawan semakin banyak berkunjung," terangnya.

Dari banyaknya tempat wisata yang ada di Buleleng, Wisata Lovina paling favorit dikunjungi. Hal itu didasari karena tempat ini sangat didukung tempat permainan ramah keluarga sehingga wisatawan khususnya yang sudah berkeluarga lebih betah. (suteja)


Baca juga: Pelayanan Penerbangan Xiamen –Denpasar Dibuka Tiap Hari