Search

Home / Aktual / Advertorial

Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda

Editor   |    17 April 2024    |   21:32:00 WITA

Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda
Disdikpora Badung gelar pelatihan wirausaha muda, Rabu (17/4/2024) di Mangupura. (diskominfo badung)

MANGUPURA, PODIUMNEWS.com - Kewirausahaan merupakan salah satu dimensi penting dalam membentuk jiwa pemuda Indonesia. Kewirausahaan pemuda perlu dikembangkan untuk mendorong kemandirian pemuda di bidang ekonomi mengingat masih tingginya tingkat pengangguran di Indonesia saat ini.

Fenomena pengangguran di kalangan terdidik selain disebabkan karena terbatasnya lapangan pekerjaan juga disebabkan karena tidak sinkronnya kualifikasi lulusan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja atau usaha.

Menyikapi fenomena  tersebut, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Badung kembali menggelar Pelatihan Wirausaha Muda Bagi Pemuda se-Kabupaten Badung dengan mengusung tema "Meningkatkan Potensi, Siap Berinovasi Untuk Wirausaha Mandiri".  Acara ini digelar di Ruang Rapat Gedung Kwarcab Badung, Jalan Gunung Sari, Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Rabu (17/4/2024).

Dewa Made Muartha selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya menciptakan wirausaha muda mandiri dan berdaya saing serta membudayakan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda.

Disampaikan lebih lanjut pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut dibagi dalam dua angkatan. Angkatan pertama berlangsung dari tanggal 17 -19 April, sedangkan angkatan kedua berlangsung dari tanggal 24-26 April tahun 2024.

Masing-masing angkatan berjumlah 50 peserta yang berasal dari perwakilan organisasi kepemudaan, mahasiswa, dan siswa SMA dan SMK. Sedangkan pemateri dalam kegiatan tersebut berasal dari kalangan birokrat, akademisi dan praktisi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga dalam sambutan dibacakan Sekretaris Disdikpora Kabupaten Badung, I Gusti Bagus Adi Parwata menjelaskan program pengembangan wirausaha ini dirancang spesifik dan disesuaikan dengan minat, bakat, dan potensi yang ada.

Pengembangan  kewirausahaan pemuda di Indonesia didasarkan pada karakteristik pemuda itu sendiri dengan tetap memperhatikan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.

Di akhir sambutan, pihaknya berpesan kepada para peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan ini dengan baik, tekun, serius dan bersungguh-sungguh. Sehingga mampu mendapatkan wawasan dari narasumber untuk membangun harapan yang optimis dalam bisnis masa depan. 

Pihaknya juga menyampaikan untuk menjadi wirausahawan yang tangguh dan sukses itu jalannya tidak mudah. Seorang entrepreneur itu sebenernya seseorang yang punya ide, kreatif dan inovatif serta senang dengan terobosan. Jika ingin sukses di bidang apapun termasuk di bidang bisnis, maka bergabunglah pada barisan orang yang optimis, berfikirnya positif dan bekerja untuk mengejar sukses.

Pembukaan kegiatan Pelatihan Wirausaha Muda Bagi Pemuda di Kabupaten Badung ditandai dengan penyematan tanda peserta pelatihan kepada perwakilan peserta oleh Sekretaris Disdikpora Badung Adi Parwata.  (adv)

 


Baca juga: Disdukcapil Badung Dorong Semua Desa Menuju Desa Cerdas