Search

Home / Lifestyle

Fashion Show untuk Promosikan Endek Bali

Redaktur   |    18 Maret 2022    |   20:10:00 WITA

Fashion Show untuk Promosikan Endek Bali
Ketua Dekranasda Bali Ny. Putri Koster saat acara The Great Fashion Show of IWAPI Bali, di Gedung Ksirarnawa - Art Center, Jumat (18/3). (Foto: doc. podiumnews.com)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com – Tidak hanya cukup melalui pameran, promosi kain tenun tradisional endek Bali, buah tangan dan ide dari pelaku IKM juga dituangkan oleh desiner muda dalam pertunjukkan fashion show Bali Bangkit.

“Tujuan utama dari dilaksanakan fashion show setiap minggu di pameran Bali Bangkit adalah untuk membangkitkan kecintaan terhadap produk dalam negeri," tegas Ny. Putri Koster saat memberikan sambutan dalam acara The Great Fashion Show of IWAPI Bali, di Gedung Ksirarnawa - Art Center, Jumat (18/3).

Ketua Dekranasda Bali itu mengatakan Pameran Bali Bangkit memberikan kesempatan bagi pelaku IKM Bali untuk memperkenalkan sekaligus memasarkan produknya.

“Telah memberikan angin segar bagi perputaran ekonomi Bali ditengah masa pandemi ini,” katanya.

Sebanyak 60 model yang merupakan anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) berkolaborasi dengan anggota PKK Provinsi Bali memperagakan sejumlah model busana berbahan kain endek karya desainer asal Bali.

"Kita semua memiliki tugas menjaga warisan budaya, salah satunya warisan kain tenun tradisional Bali,” ujar Putri Koster.

Menjaga keberadaan dan kelestarian kain tenun endek menurutnya tidak harus dengan bisa menenun, tetapi dengan menggunakannya saja sudah memberi kontribusi bagi pertumbuhan dan kelestarian kain endek.

“Biarkan pengrajinnya yang memproduksi, pedagangnya yang memasarkan dan kita sebagai penggunanya. Dengan begitu kreasi kain tenun endek akan terus berlangsung dan perekonomian juga akan tetap berputar," imbuhnya.

Fashion show The Great Fashion Show of IWAPI Bali ini juga bertujuan untuk melakukan lelang terhadap busana endek berbagai kategori. (ISU/PDN)


Baca juga: Pertalite jadi BBM Paling Banyak Dikonsumsi Masyarakat