Search

Home / Budaya

Lestarikan Aksara Bali dengan Lomba

Redaktur   |    24 Maret 2022    |   20:36:00 WITA

Lestarikan Aksara Bali dengan Lomba
Lomba Nyurat Aksara Bali tingkat Sekolah Dasar (SD) se Buleleng. (Foto: doc.podiumnews.com)

BULELENG, PODIUMNEWS.com – Dalam upaya melestarikan dan menamkan kecintaan terhadap aksara Bali, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Buleleng menggelar lomba Nyurat Aksara Bali tingkat Sekolah Dasar (SD) se Buleleng.

“Untuk menumbuhkan bibit terbaik dalam menggerakkan literasi tulisan di daerah sehingga aksara Bali dalam budaya Bali tetap ajeg,” kata Kepala DAPD Ketut Suweca dalam keterangan tertulisnya yang diterima podiumnews.com, Kamis (24/3).

Menurut Suweca, lomba yang digelar Kamis (24/3) itu juga dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Singaraja ke-418.

“Ini momentum kecil yang kita lakukan, dengan nilai yang besar bagi kelestarian budaya Bali," ungkapnya. 

Meski hanya diikuti oleh pelajar SD, koordinator tim juri, Putu Pertama Yasa menilai peserta telah menampilkan hasil yang sangat luar biasa dalam menulis aksara Bali.

"Para peserta sebelum lomba pastinya mendapat pembinaan jauh-jauh hari, hasilnya dalam lomba ini sangat memuaskan, kemampuan anak-anak dalam menyalin aksara Bali sungguh luar biasa, namun tetap kita mencari 3 terbaik dalam lomba ini," ungkapnya. 

Lomba diikuti oleh 18 peserta yang berasal dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Buleleng.

Berdasarkan penilaian juri, Juara 1 diraih oleh Putu Adika Widuyana dari SD 4 Gobleg, juara 2 Putu Alisya Rastya dari SD Munduk Bestala, dan juara 3 Kadek Seli Utami dari SD Bestala. 

Setelah penyerahan hadiah, juara 1 Putu Adika yang duduk dikelas 6 ini mengatakan tidak menyangka mendapat juara pertama. Motivasinya ikut lomba karena senang menulis dan pernah mengikuti lomba di desanya.

"Perasaan saya sangat senang. Persiapan saya terus berlatih dan berlatih tanpa putus asa," ujarnya. (Devy)


Baca juga: Sanjaya: Pengabenan Masal Jadi Tren yang Sangat Baik