Search

Home / Aktual / Sosial Budaya

Hari Ini Dirayakan Hari Kasih Sayang Dresta Bali

   |    23 Juli 2022    |   09:11:00 WITA

Hari Ini Dirayakan Hari Kasih Sayang Dresta Bali
Kadisbud Bali Gede Arya Sugiartha (foto/ady)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com – Perayaan Tumpek Krulut atau Rahina Tresna Asih dengan upacara Jana Kerthi sebagai hari kasih sayang dresta Bali akan dilakukan hari ini, Sabtu (23/7).

Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiartha mengatakan, perayaan ini sebagai implementasi SE Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2022 tentang Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi Bali Era Baru dan Instruksi Gubernur Bali Nomor 08 Tahun 2022.

Ia menjelaskan bahwa Tumpek Krulut adalah tumpek yang keempat dari enam tumpek yang ada dalam siklus kalender Bali. “Pada Rahina Tumpek Krulut kita memuja Dewa Iswara dalam manifestasinya sebagai Dewa Keindahan. Memohon waranugraha agar kita terus menerus diberi kesenangan dan kebahagiaan lahir-batin dalam menjalani roda kehidupan,” jelasnya, Jumat (22/7) di Denpasar.

Menurutnya, Rahina Tumpek Krulut merupakan rahina tresna asih atau hari kasih sayang dresta Bali. Pada rahina Tumpek Krulut manusia wajib membangkitkan kesadaran bahwa dalam hidup kita harus saling mengasihi, saling menyayangi, memupuk persaudaraan. Hal ini dapat dilakukan dengan aktivitas kebersamaan dalam berbagai bidang.

Oleh itu, Pemerintah Provinsi Bali merayakan Rahina Tumpek Krulut secara niskala dengan upacara penyucian (otonan) sarwa Tetangguran (gamelan dan/atau alat musik). Hal itu untuk memuliakan Hyang Widhi dalam manifestasi sebagai Dewa Iswara/Kawiswara dilanjutkan dengan persembahyangan bersama.  Secara Niskala upacara akan dilaksanakan di Pura Gelap Besakih, karena di pura tersebut berstana Dewa Iswara pada pukul 09.00 WITA.

Sementara kegiatan sakala diawali dengan melakukan kunjungan dan kepedulian sosial ke Panti Asuhan, Panti Wreda, Rumah Tahanan, dan/atau Rumah Sakit. Kunjungan dilakukan selama Wuku Krulut yang dikoordinasikan oleh Dinas Sosial Provinsi Bali. Pada tanggal 21-22 Juli 2022 digelar acara Pertunjukan Teater, Band, Pemutaran Film yang bertemakan Tresna Asih/Kasih Sayang.

Puncak Perayaan Rahina Tumpek Krulut Pemprov Bali akan digelar pada tanggal  23 Juli 2022 mulai jam 19.00  wita bertempat di Panggung Terbuka Ardha Candra,  Taman Budaya Provinsi Bali. “Pada kesempatan tersebut Gubernur Bali akan memberi hadiah sepeda listrik kepada siswa berprestasi tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK, serta sepeda motor listrik kepada mahasiswa berprestasi. Selain itu Gubernur juga akan memberi Sertifikat kepada 200 Sanggar Seni yang ada di Bali,” imbuh Sugiartha.

Ditambahkannya, acara dimeriahkan dengan Grand Final Aransemen Lagu Nangun Sat Kerthi Loka Bali dari Sembilan Kabupaten/Kota Se-Bali. Serta penampilan Lolot Band, Joni Agung, Nanoe Biru, The Hydrant, dan Navicula Band. (ady/sut)

 

 


Baca juga: NUSA DUA CIRCLE, Mega Proyek ‘Gagal’. Benarkah Perusahaan dan Orang-Orang yang Terlibat Didalamnya Juga Bermasalah? (BAG: 1)