Search

Home / Kesra

Bali Dua Minggu Zero Case PMK

Editor   |    08 Agustus 2022    |   19:33:00 WITA

Bali Dua Minggu Zero Case PMK
ILUSTRASI- Pengendalian penularan PMK di Kabupaten Buleleng, Bali (Dok)

JAKARTA, PODIUMNEWS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menyebutkan bahwa pengendalian penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di sejumlah wilayah di Indonesia mengalami penurunan kasus. Bahkan, 5 provinsi termasuk Bali dalam 2 minggu terakhir ini mengalami zero case.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementan Nasrullah dalam keterangan tertulis, Senin (8/8) di Jakarta.

“Saat ini terdapat lima provinsi, 66 kabupaten/kota, 570 kecamatan dan 4.195 desa dengan kategori Zero Case (0) karena lebih dari dua minggu terakhir tidak terdapat kasus baru/kasus aktif, serta terjadi penurunan jumlah kasus harian," kata Nasrullah.

Nasrullah menyebutkan, kelima provinsi itu adalah Kepulauan Riau, Bali, Kalimantan Selatan, DKI Jakarta dan Sumatra Selatan. Hal itu menunjukkan bahwa hewan yang sakit PMK semakin menurun di lapangan bahkan sudah tidak ada lagi laporan ditemukannya ternak yang sakit pada wilayah Zero Case.

Selain itu juga menurut Nasrullan, jumlah ternak sakit PMK terus menurun, hal itu dapat dilihat dengan membandingkan sejak puncak kasus 26 Juni 2022 sebanyak 13.518 ekor dan per 5 Agustus 2022 tinggal 476 ekor atau turun sebesar 96,48 persen dari puncak kasus.

Dikatakannya, rata-rata perbandingan jumlah ternak sembuh terhadap ternak sakit PMK sebesar 61,98 persen, sedangkan rata-rata perbandingan jumlah ternak mati terhadap ternak sakit PMK sebesar 1,07 persen. (ris/sut)


Baca juga: NUSA DUA CIRCLE, Mega Proyek ‘Gagal’. Benarkah Perusahaan dan Orang-Orang yang Terlibat Didalamnya Juga Bermasalah? (BAG: 1)