Search

Home / Tekno

Pentingnnya Digitalisasi Arsip Berita Surat Kabar

Editor   |    14 Agustus 2022    |   19:40:00 WITA

Pentingnnya Digitalisasi Arsip Berita Surat Kabar
ilustrasi (ist)

SEBELUM munculnya teknologi digital, berbagai informasi dan peristiwa penting yang pernah terjadi selama ini terdokumentasi sangat baik oleh peran surat kabar.

Berbagai arsip berita dan artikel masa lalu yang terdokumetasi itu akan dapat menjadi informasi penting yang patut diarsipkan secara digital. Supaya generasi mendatang mempunyai rujukan catatan sahih tentang informasi dan peristiwa penting pernah terjadi di masa lalu yang terekam oleh liputan media massa.   

Digitalisasi arsip surat kabar ini merupakan bentuk penyelamatan arsip dan dokumen penting yang dapat menjadi catatan peristiwa atau rujukan bagi peneliti, sejarahwan, akademisi termasuk mahasiswa dan masyarakat umum.

Secara teknis, surat kabar yang berbasis kertas sangat mudah robek, lapuk karena usia dan termakan rayap maupun hilang. Selain itu, penyimpanannya membutuhkan ruang dan biaya perawatan cukup besar.  

Menurut Dr. Jefferey W. Petersen, pustakawan Universitas Cornell Amerika Serikat, menyebutkan ide digitalisasi surat kabar ini salah satunya untuk mengatasi keterbatasan ruang penyimpanan surat kabar di perpustakaan.

Dengan mengoleksi berbagai macam surat kabar cetak, tentunya perpustakaan membutuhkan banyak ruang. Sementara itu, ruang perpustakaan sangat terbatas. Oleh karena itu, dengan mengemas dan mengarsipkannya menjadi file digital dapat diakses dan disimpan dalam perangkat lunak computer. Maka hal itu akan memberikan efisiensi tersendiri bagi perpustakaan.

Universitas Cornell sendiri telah memiliki koleksi jurnal dan surat kabar digital di perpustakaan mereka yang mengarsip artikel surat kabar sebelum tahun 50-an dari Indonesia.

Jadi bagi publik yang  memerlukannya dapat mengunjungi website Perpustakaan Cornell, pengunjung dapat memilih kategori surat kabar berdasarkan kata kunci di kotak pencarian yang tersedia. (ricky)

 

 


Baca juga: Sumbar Jadi Provinsi Pertama Luncurkan KTP Digital