Search

Home / Khas /

Mahasiswa UGM Rancang Jam Tangan Pintar Memonitor Stres

   |    05 Oktober 2022    |   12:10:00 WITA

Mahasiswa UGM Rancang Jam Tangan Pintar Memonitor Stres
ilustrasi jam tangan pintar (foto/pngfree)

MAHASISWA Teknik Fisika UGM, Atanasius Tora Rangga Kaleka merancang pengembangan Stress-Watch atau jam tangan pintar yang memungkinkan pengguna untuk memonitor tingkat stres yang dialami.

Tora menjelaskan Stress-Watch ini akan terhubung ke smartphone melalui koneksi Bluetooth. Jam tangan pintar ini dilengkapi dengan beberapa parameter untuk mendeteksi tingkat stres seseorang yang terdiri dari perubahan detak jantung, perubahan tekanan darah, keringat, dan perubahan suhu.

“Selain itu, ditambah dengan fitur berupa pengingat, alarm, catatan, komunikasi dokter dan pengukur langkah,” kata Tora di Yogyakarta, Rabu (5/10).

“Apabila seseorang mengalami stres yang berkepanjangan maka rumah sakit siap untuk memberikan penanganan dan dokter dapat menghubungi pasien secara daring,” imbuhnya.

Sehingga, lanjut dia, hubungan antara rumah sakit dengan pengguna dapat tercatat pada rekam kesehatan medis setempat.

Tora mengungkapkan latar belakang gagasan pengembangan Stress Watch terkait dengan kondisi masyarakat saat ini yang rentan terkena stres, termasuk kalangan mahasiswa.

Menurutnya, stres harus dikelola dengan baik agar nantinya tidak menimbulkan persoalan kesehtaan mental yang lebih serius dan membahayakan diri. 

Oleh sebab itu, ia berpikir untuk mengembangkan suatu alat yang mampu mendeteksi atau mengukur tingkat stres seseorang dan membantu menghubungkan dengan tenaga profesional.

Ide pengembangan Stress-Watch sebagai solusi pencegahan stres ini pun berhasil menghantarkan Tora meraih juara pertama kompetisi menulis esai nasional IAIN Pekalongan Mathematics Competition 2022 pada 10 September 2022 lalu. (dev/sut)


Baca juga: Pengamalan dan Perwujudan Nilai-nilai Pancasila di Bidang Ekonomi