Search

Home / Aktual / Gaya Hidup

Ketahui Cara Saat Hadapi Banjir

   |    23 Oktober 2022    |   18:56:00 WITA

Ketahui Cara Saat Hadapi Banjir
ilustrasi - banjir (foto/freepik)

SAAT hujan turun dengan intensitas tinggi, maka setiap orang mesti waspada sebab bisa saja sewaktu-waktu terjadi banjir.

Nah, dibutuhkan pengetahuan siaga hadapi banjir saat hal tak terduga-duga itu terjadi. Yuk, ketahui apa saja cara-cara diperlukan saat menghadapi banjir?

Siaga Hadapi Banjir

Saat banjir datang hingga menyebabkan masyarakat untuk melakukan evakuasi, maka menyelamatkan hal-hal yang penting di dalam rumah perlu segera dilakukan.

Yang perlu terus dipantau adalah mengikuti terus informasi banjir secara berkala melalui semua kanal, baik sosial media, televisi, radio hingga pengumuman dari warga.

Kemudian, cabut atau matikan semua jaringan listrik yang ada di rumah, seperti misalnya TV, kulkas, dan lainnya. Segera amankan barang penting ke tempat yang lebih tinggi agar tidak sampai terendam banjir.

Saat melakukan pengamanan barang di rumah, pastikan tidak sampai menyentuh alat yang bermuatan listrik ketika sedang berdiri di atas/dalam air.

Jika kondisi banjir mengharuskan untuk meninggalkan rumah, maka segera evakuasi ke tempat yang lebih tinggi. Waspada terhadap arus bawah, saluran air, kubangan, dan tempat-tempat lain yang tergenang air.

Usahakan jangan sampai berjalan di arus air karena amat membahayakan. Sebaiknya, berjalanlah pada pijakan yang tidak bergerak. Kemudian, ketika melakukan evakuasi, hindari mengemudikan mobil/motor/sepeda di wilayah banjir. (dev/sut)


Baca juga: Ini Pendapat Pakar Soal Citayam Fashion Week