Search

Home / Advertorial

Bupati Giri Prasta Menghadiri Pujawali Pura Begawan Penyarikan Banjar Pering Desa Adat Kuta

Editor   |    02 Desember 2022    |   21:50:00 WITA

Bupati Giri Prasta Menghadiri Pujawali Pura Begawan Penyarikan Banjar Pering Desa Adat Kuta
Pemkab Badung dalam melestarikan dan menguatkan adat agama dan budaya di tengah masyarakat, Jumat (2/12) Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menghadiri Pujawali Pura Begawan Penyarikan Banjar Pering Desa Adat Kuta.

BADUNG, PODIUMNEWS.com - Sebagai wujud komitmen Pemkab Badung dalam melestarikan dan menguatkan adat agama dan budaya di tengah masyarakat, Jumat (2/12) Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menghadiri Pujawali Pura Begawan Penyarikan Banjar Pering Desa Adat Kuta. Pada kesempatan itu Bupati Giri Prasta turut menghaturkan punia Pemkab Rp 225 juta dan punia pribadi Rp 25 juta yang dilanjutkan dengan melakukan penandatanganan prasasti peresmian balai banjar setempat. Turut hadir anggota DPRD Provinsi Bali Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Badung I Gusti Anom Gumanti dan Luh Gede Sri Mediastuti, Kadis Kebudayaan Badung Gde Eka Sudarwitha, Camat Kuta beserta jajaran serta tokoh adat se-Kelurahan Kuta.

Bupati Giri Prasta menyampaikan, pujawali Pura Begawan Penyarikan merupakan wujud bakti masyarakat kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi-Nya sebagai Dewa Pengayom Organisasi dan Dewa Administrasi Yang Agung. “Masyarakat Banjar Pering baik pengusaha, pedagang, pegawai pemerintahan, perbekel atau kelian dan semua masyarakat silakan ngastiti bakti atau meminta berkah kepada Ida Begawan Penyarikan agar selalu dituntun ke arah yang benar,” terangnya.

Ditambahkan Bupati Giri Prasta, selama dirinya masih menjabat sebagai kepala daerah di Bumi Keris, Pemkab Badung komit untuk membantu masyarakat Desa Adat Kuta dalam menuntaskan pembangunan yang ada di Pura Desa, Pura Puseh dan Pura Dalem sehingga masyarakat Kuta tidak lagi mengeluarkan dana urunan. Di samping itu pihaknya juga berkomitmen untuk menuntaskan penataan pantai Kuta.

“Untuk mempercepat recovery Kuta, saya sudah sampaikan kepada Bendesa Adat dan prajuru semuanya, bahwa akan ada penataan di depan pantai Kuta, Hard Rock dan seterusnya. Kawasan Seminyak Legian Kuta juga tidak akan ada lagi kabel di atas semua akan di bawah tanah. Saya minta kepada semua tokoh dan masyarakat bersatu membangun jembatan emas untuk generasi mendatang,” pungkasnya.

Prawartaka Pujawali Pura Begawan Penyarikan Banjar Pering Desa Adat Kuta, Dewa Made Suartana atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta dan undangan lainnya karena telah hadir dalam upacara Nugtug Karya Ngenteg Linggih di Pura Begawan penyarikan yang dirangkaikan dengan Pengukuhan Prajuru Banjar Adat dan Prajuru ST Mandala Kerthi masa bakti 2022-2025. “Mewakili masyarakat, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Badung yang telah hadir dan memberikan punia dalam pujawali Pura Begawan Penyarikan Br Pering Desa Adat Kuta,” ujarnya. (Edy/Sut)


Baca juga: Cegah Korupsi, Pemprov Bali Optimalisasi E-Katalog