Search

Home / Ekonomi

Manfaatkan VITO Dongkrak Kunjungan Wisman ke Bali

Adi Saputra   |    18 Januari 2023    |   15:43:00 WITA

Manfaatkan VITO Dongkrak Kunjungan Wisman ke Bali
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun (foto/adi)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Guna mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan asing (Wisman) ke Bali, Dinas Pariwisata (Dispar) Bali memanfaatkan program Visit Indonesia Tourisme Officer (VITO) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dengan menggandeng KBRI yang berada di berbagai negara untuk turut mempromosikan kegiatan pariwisata dan budaya Bali di dunia internasional.

Hal itu disampaikan Kadispar Bali Tjok Bagus Pemayun saat  acara launching Bali Tourism Media Centre dan Calendar of Event, pada Selasa (17/1) di Denpasar.

"Kami memanfaatkan tiga belas VITO. VITO itu adalah representatif dari Kemenparekraf. Itu harus betul-betul dimanfaatkan oleh temen-temen dinas pariwisata (Dispar, red) provinsi seluruh Indonesia, dan kami Bali tentu memanfaatkan betul," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya pun meluncurkan media centre dan kalendar kegiatan pariwisata dan budaya Bali. Tujuannya. supaya berbagai event pariwisata, budaya, sport, dan MICE itu mampu memancing minat wisatawan asing berkunjung ke Pulau Dewata lebih meningkat.

"Kita ketahui di tahun 2022, berbagai event MICE dan budaya inilah yang banyak memberikan kontribusi kepada pariwisata, baik pada tingkat hunian kamar, maupun jumlah kunjungan wisatawan ke Bali baik untuk nasional maupun internasional," terangnya.

Ia mengungkapkan bahwa sebetulnya berbagai kegiatan itu sudah terjadwalkan jauh sebelumnya, namun tertangguhkan lantaran pandemi Covid-19.

"Cakupannya ini untuk promosi, bahwa Bali memiliki beberapa event. Selama ini juga sudah kami lakukan cuma tidak secara formal kami launching seperti sekarang," ujarnya.

menurutnya, berbagai agenda kegiatan itu telah diajukan kepada Kemenparekraf untuk memperoleh dana KEN (Karisma Event Nusantara).

"Itu kita ajukan, sekarang sudah lolos tujuh yang event budayanya," sebutnya

Alhasil, informasi diperoleh dari Deputi Pemasaran Kemenparekraf pada tanggal 22 Februari 2023 ini, Bali akan kedatangan carter flight dari Kota Zhenzhen, Tiongkok. "Dan ini baru carteran, itu (sebanyak) 290 passenger," kata Pemayun.

Disusul data  Perum Angkasa Pura, pada bulan Maret tahun ini akan ada 13 penerbangan langsung ke Bali. (adi/sut)


Baca juga: Meat-O Ajengan, Café dan Resto Modern “Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima”