Search

Home / Aktual / News

Dishub Buleleng Kerahkan 25 Petugas Padamkan 16.230 LPJU

Made Suteja   |    21 Maret 2023    |   14:43:00 WITA

Dishub Buleleng Kerahkan 25 Petugas Padamkan 16.230 LPJU
Ilustrasi lampu penerangan jalan (foto/istockphoto)

SINGARAJA, PODIUMNEWS.com – Sebanyak 25 petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng dikerahkan untuk pemadaman Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) saat perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, pada Rabu (22/3).  

Kadishub Buleleng Gede Gunawan menjelaskan pemadaman LPJU ini dimaksudkan untuk menjaga kekhidmatan suasana pelaksanaan Catur Brata Penyepian.

Untuk itui, kata Gunawan, petugas LPJU akan mematikan lampu traffic light, lampu penerangan jalan non kwh maupun kwh, serta lampu tenaga surya dengan jumlah 16.230 titik .

D iantaranya, sebut dia, lampu yang berkWh langsung sebanyak 354 ID kWh yang dimatikan secara manual dengan perhitungan per ID kWh memiliki daya antara 5500 kWh - 7700 kWh, yang mana dengan total daya tersebut minimal dapat melayani antara 45 titik lampu hingga 64 titik lampu dengan daya beban per lampu sebesar 120 watt.

Kemudian 210 titik untuk lampu tenaga surya, dan sisanya adalah lampu non kWh yang perlu dimatikan dengan bantuan dari masyarakat, baik itu yang dipasang sendiri maupun usaha desa. Selain LPJU, sebanyak 15 titik lampu traffic light juga akan dimatikan setelah perayaan Hari Pengerupukan (sehari sebelum Nyepi).

"Kami akan mematikan LPJU dan traffic light sekitar pukul 22.00 - 23.00 WITA, dan menghidupkan kembali pada saat Ngembak Geni (sehari sesudah Nyepi) pagi pukul 07.00. Selain itu, untuk pemadaman lampu non kWh sudah bersurat kepada seluruh perangkat desa dan kelurahan yang akan dipantau langsung oleh tim kita di lapangan," terangnya.

Gunawan menambahkan, jika nanti apabila ada suatu kejadian LPJU yang masih hidup, Dishub sudah berkoordinasi dengan PLN terkait pinjam pakai motor listrik untuk peninjauan lapangan dan MDA Kabupaten Buleleng terhadap permohonan dispensasi petugas lapangan.

Diakhir, pihaknya mengimbau jika masyarakat menemukan LPJU yang masih menyala di sekitar lingkungannya, dapat melaporkan ke call center Dishub yang dikoordinir oleh Sutawan dengan nomer ponsel 081804292676.

"Kami sudah berusaha untuk memfasilitasi Catur Brata Penyepian yaitu Amati Geni dengan mematikan lampu demi menjaga pelaksanaan Nyepi yang kusyuk dan khidmat," tutupnya. (sut)


Baca juga: Polres Bandara Ngurah Rai Bersih Sampah di Pantai Sakeh Kuta