Search

Home / Aktual / Sosial Budaya

Pemugaran Pura Jagatnatha Habiskan Rp 12,3 Miliar

Made Suteja   |    21 Maret 2023    |   15:33:00 WITA

Pemugaran Pura Jagatnatha Habiskan Rp 12,3 Miliar
Umat Hindu melakukan persembahyangan Hari Saraswati di Pura Agung Jagatnatha, Denpasar, Sabtu (30/1/2021). (antara/nyoman hendra wibowo)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Rencana pemugaran Pura Agung Jagatnatha telah sampai pada tahap penandatanganan kontrak paket fisik dan supervise dengan dengan nilai mencapai  Rp 12,3 miliar. 

Demikian terungkap saat Pre Constructions Meeting (PCM) yang dipimpin Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkim) Kota Denpasar Gede Cipta Sudewa di Pura Agung Jagatnatha Denpasar, Senin (20/3).

Kadis Perkim Denpasar Cipta Sudewa mengatakan PCM ini merupakan rapat sebelum pelaksanaan pembangunan fisik pura. Adapun pelaksana pembangunan adalah PT Adik Abang Qanita Pratama dan KSO PT Karya Dinamis Mesari, sedangkan konsultan perencana PT Kencana Adhi Karma dan Konsultan Pengawas C Tataring Bali.

"Pelaksanaan pengerjaan perbaikan Pura Agung Jaganatha direncanakan dilaksanakan selama 200 hari kerja terhitung 17 Maret hingga 2 Oktober 2023  dengan nilai kontrak sebesar Rp 12,3 miliar  dengan pagu anggaran Rp 15,4 miliar," ujar Cipta Sudewa.

Cipta Sudewa berharap proses perbaikan Pura Agung Jagatnatha dapat terlaksanan sesuai aturan berlaku, sehingga menghasilkan output tepat sasaran, tepat guna, tepat mutu dan tepat waktu.

"Setelah PCM dilakukan,  maka pembangunan fisik akan segera dilakukan. Perbaikan Pura Agung Jagatnatha ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar di dalam pembangunan tempat ibadah di Kota Denpasar sehingga masyarakat dapat bersembahyang dengan baik dan nyaman," ucapnya.

Sementara Direktur PT Karya Dinamis Mesari I Ketut Dinamika mengatakan pihaknya akan bekerja penuh kehati-hatian dan teliti. Mengingat ini pengerjaan pura, sehingga tidak terjadi hal tak diinginkan.  Maka pihaknya akan bekerja sesuai SOP dan kontrak telah disepakati. (adhi/sut)


Baca juga: Ditagih Janji Pemerintah Atasi Ginjal Akut Anak