Search

Home / Aktual / Edukasi

Membaca Bukan Hal Luar Biasa Tapi Harus Dibiasakan

Made Suteja   |    02 April 2023    |   19:51:00 WITA

Membaca Bukan Hal Luar Biasa Tapi Harus Dibiasakan
Ilustrasi – membiasakan anak membaca sejak usia dini (freepik)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Bunda Literasi Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara mengatakan bahwa membaca bukan hal luar biasa, tetapi hal biasa yang harus dibiasakan.

Hal itu dikatakan Sagung Antari saat acara launching E-Garden Library Dyapuja serangkaian perayaan HUT ke-44 tahun SMP Negeri 5 Denpasar, Senin (3/4) di sekolah setempat.

Sagung Antari Jaya Negara  mengatakan, saat ini membaca bagi sebagian orang merupakan suatu yang membosankan. Padahal, tanpa disadari kegiatan membaca itu tak sekedar penguatan intelektual, tapi juga mengasah ketajaman cara berpikir secara luas.

Ditambahkannya, sekolah juga telah menyediakan fasilitas wifi untuk mengakses buku-buku digital melalui scan barcode yang ditempel di sekitar taman SMPN 5 Denpasar.

"Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan minat membaca anak-anak SMPN 5 Denpasar. Saya berharap anak-anak mampu memahami arti literasi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan yang menjadi bekal hidup kedepan," ucap Sagung Antari.

Sementara Kepala SMPN 5 Denpasar Putu Eka Juliana Jaya menjelaskan, launching E-Garden Library Dyapuja merupakan bagian terpenting dari peringatan puncak HUT ke-44 SMP Negeri 5 Denpasar. Hal tersebut karena, Dyapuja merupakan singkatan dari motto SMPN 5 Denpasar yakni Widya Purnam Jayanthi, yang memiliki arti filosofis, melalui ilmu pengetahuan untuk mencapai kemasyhuran.

Menurutnya, E-Garden Library Dyapuja terealisasi berkat kerja keras para librarian dan pustakawan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Denpasar yang sangat intensif memberikan pembinaan dan pendampingan.

Selain lahir E-Garden Library, para Pustakawan Kota Denpasar berperan penting dalam terbentuknya Komunitas Membaca SMPN 5 Denpasar, yaitu Reading Club Spenma.

Sejak Bunda Literasi Kota Denpasar dikukuhkan pada 12 November 2022 telah menjadi inspirasi penting bagi makin bertumbuhnya minat literasi yang diejawantahkan dengan Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 5 Denpasar.

"Bunda Literasi Kota Denpasar telah menjadi figure, role model, panutan, motivator, inspirator, katalisator dan influencer dalam mendorong lebih kuat gerakan literasi di SMPN 5 Denpasar," kata Eka Juliana

Lebih lanjut  Eka Juliana mengatakan, literasi di SMPN 5 Denpasar dimaknai sebagai gerakan literasi secara luas. Tidak hanya sebatas gerakan membaca dan menulis.

Namun, harus bermanfaat dan berdaya guna untuk dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat dan valid, yang kedepannya dapat menghasilkan value added dan karya yang bernilai ekonomi. Sehingga bermanfaat untuk kehidupan secara luas, terutama peningkatan kesejahteraan di Kota Denpasar.

"Saya, selaku kepala sekolah secara ex-officio menjadi Duta Literasi SMPN 5 Denpasar, berkomitmen melanjutkan semua program dari Bunda Literasi untuk peningkatan indeks membaca di Kota Denpasar," katanya.

Selain launching E-Garden Library Dyapuja, pada puncak peringatan HUT juga digelar pelepasan bagi para guru dan pegawai yang sudah purna bakti/pindah tugas.

Karena peranan seorang guru sangatlah penting dalam membimbing dan mendidik seorang anak bangsa, agar kelak menjadi insan dewasa yang berguna, tangguh, handal. "Target sekolah kami agar lulusan kami di masa depan menjadi human capital yang kontributif bagi lingkungan lokal dan global," tandasnya. (adhi/sut)


Baca juga: Cegah Penculikan Anak, Diminta Pasang CCTV di Gerbang Sekolah