Search

Home / Aktual / Advertorial

Badung Wakili Bali Jadi Duta Penas KTNA XVI

Made Suteja   |    06 Juni 2023    |   19:27:00 WITA

Badung Wakili Bali Jadi Duta Penas KTNA XVI
Wabup Suiasa kontingen Penas KTNA Badung yang menjadi Duta Penas KTNA XVI Tahun 2023 Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (6/6/2023) di Mangupura. (foto/adi)

MANGUPURA, PODIUMNEWS.com - Wakil Bupati (Wabup) Badung I Ketut Suiasa melepas kotingen Pekan Nasional (Penas)  untuk mewakili Provinsi Bali mengikuti Penas Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI Tahun 2023 pada 10-15 Juni di Padang, Sumatera Barat.

Acara pelepasan terhadap 45 anggota kontingen KTNA Badung terdiri dari peserta dan pendamping itu dilaksanakan di Ruang Rapat Rumah Jabatan Wakil Bupati, Selasa (6/6/2023). Turut hadir perwakilan dari instansi terkait Pemkab Badung, perwakilan Camat se- Badung dan Ketua KTNA Badung I Ketut Rasna.

 Wabup Suiasa mengaku bangga duta dari Badung dapat mewakili Provinsi Bali di ajang kegiatan tingkat nasional tersebut. “Ini adalah suatu kesempatan untuk menyerap komparasi-komparasi, program-program unggul dari daerah lain dengan menampilkan potensi-potensi terbaik mereka,” kata Suiasa

Karena menurut Suiasa, apa yang didapat pada kegiatan itu pada suatu saat dapat bermanfaat diterapkan di Badung. “Itulah tujuan untuk mengikuti kegiatan ini dalam mencari hikmah dan manfaat yang bermakna untuk bisa diserap dan dilaksanakan di Badung,” imbuhnya.

Untuk itu, Suiasa meminta mereka mencari perluasan dan pengayaan informasi menyangkut pertanian dan nelayan, memperluas jejaring, mencari kemitraan berbagai sektor lintas daerah dan menangkap ruang peluang dari sisi ekonomi.

“Penting bagi kita untuk memanfaatkan kesempatan ini sebagai pengenalan dan pemahaman tentang perkembangan teknologi pertanian dan nelayan secara umum beserta inovasi-inovasinya. Manfaat dipetik hasilnya nanti akan diramu sedemikian rupa untuk kita di Badung.,” jelasnya.

Ketua Panitia KTNA I Made Adi Adnyana menjelaskan bahwa pelaksanaan Penas bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani-nelayan dan petani hutan, serta masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha yang berdaya saing, berkerakyatan serta berkelanjutan, melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

Penas merupakan ajang berkumpul dan bersilaturahmi bagi para kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Kegiatan Penas digagas oleh para tokoh tani, nelayan sejak 1971 dan menjadi wadah pertemuan kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling mengisi dan memperkuat kepemimpinan agribisnis di tingkat petani, nelayan dan petani hutan. (adv/adi)

 


Baca juga: Disdukcapil Badung Dorong Semua Desa Menuju Desa Cerdas