Search

Home / Aktual / News

Ki Raja Festival Durian Segera Digelar

Editor   |    17 November 2023    |   20:22:00 WITA

Ki Raja Festival Durian Segera Digelar
Durian Ki Raja dari Desa Manena, Buleleng. (foto/suteja)

SINGARAJA, PODIUMNEWS.com - Buah durian Ki Raja dari Desa Madenan, Tejakula, Buleleng mulai dikenal luas di kalangan masyarakat Pulau Dewata.  

Durian tanpa biji ini mulai terkenal sejak menjuarai kontes buah lokal Piala Bupati Buleleng pada tahun 2019 lalu. Bahkan sejumlah pejabat sangat menggemarinya. Salah satunya adalah Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto.

Melihat potensi dan untuk terus menggaungkan buah lokal asli Den Bukit, Dinas Pariwisata (Dispar) Buleleng akan menggelar Ki Raja Festival Durian di Desa Madenan pada awal Desember nanti.

"Sebagian besar penduduk Buleleng adalah bertani, hasil perkebunan yang dominan dengan produk unggulannya perlu kita angkat brandingnya untuk menambah daya saing yaitu durian Ki Raja dan varietas buah lokal lainnya," kata Kadispar Buleleng Gede Dody Suksma Oktiva Askara, Jumat, (17/11/2023) di Buleleng.

Dody Suksma mengatakan bahwa di Desa Madenan banyak memiliki produk pertanian unggulan. Selain itu komunitas pertanian setempat juga aktif mendukung branding buah lokal Madenan.

"Gayung bersambut kita dukung festival yang dirancang digelar selama  tiga hari mulai 1 Desember 2023," sebutnya.

Ia berharap Ki Raja Festival dapat mendatangkan wisatawan dan menambah waktu tinggal berkunjung mereka di Buleleng. “Muaranya tentu untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Buleleng,” ujarnya.

Ia menambahkan, festival yang kali pertama ini akan terus digelar berkelanjutan.

"Kita akan branding buah durian Ki Raja dan sejenisnya, buah alpukat, kopi, manggis, coklat dan buah unggulan lainnya yang ada di Buleleng. Termasuk produk segar, frozen dan produk turunannya, serta olahan pangan lainnya," terangnya.

Untuk lebih menarik minat pengunjung, pihaknya sedang merancang kegiatan makan buah durian sepuasnya. Skemanya dengan menggunakan voucher jenis premium, medium dan biasa.

"Tentu momen ini ditunggu oleh pecinta buah durian,” pungkasnya. (suteja)


Baca juga: Polres Bandara Ngurah Rai Bersih Sampah di Pantai Sakeh Kuta