Search

Home / Aktual / Sosial Budaya

Wanita Sangat Handal Berkesenian

Editor   |    18 November 2023    |   20:50:00 WITA

Wanita Sangat Handal Berkesenian
Ketua TP PKK Tabanan Wahyuni Sanjaya saat membuka Lomba Gong Kebyar Wanita, Sabtu (18/11/2023) di Tabanan. (foto/adi)

TABANAN, PODIUMNEWS.com - Ketua TP PKK Tabanan Rai Wahyuni Sanjaya mengatakan bahwa kaum wanita terbukit sangat handal dalam berkesenian.

Hal itu disampaikan Wahyuni Sanjaya saat membuka Lomba Gong Kebyar Wanita serangkaian HUT Kota Tabanan Ke-530 Tahun di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Sabtu (18/11/2023).

Wahyuni Sanjaya mengaku sangat bangga atas tingginya minat kaum perempunan Tabanan mengikuti kegiatan lomba yang bertujuan untuk melestarikan kesenian khususnya Gong Kebyar tersebut.  

"Jadi seni gong ini tidak hanya bisa dimainkan oleh laki-laki pada umumnya, tapi wanita semua usia juga bisa. Tadi bisa dilihat dari yang muda sampai yang senior semuanya nampak antusias mengikuti lomba, luar biasa sekali,” ucapnya.

Karena melihat antusias itu, ia pun lantas memberikan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta kepada masing-masing sekaa Gong Kebyar wanita.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Gong Kebyar merupakan jenis gamelan yang tergolong baru berkembang dan sangat populer di Bali. Sehingga sering dipentaskan serta dilombakan pada berbagai event termasuk pada Pesta Kesenian Bali (PKB).

Hal ini mendorong kaum perempuan di Bali ingin turut menunjukan eksistensi mereka dalam berkesenian Gong Kebyar.

“Pada malam ini, kita bersama-sama akan menyaksikan kepiawaian ibu-ibu yang ada di Tabanan untuk menari dan menabuh gamelan Gong Kebyar yang secara teknis, menabuh itu boleh dikatakan cukup rumit,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Tabanan I Made Yudiana menyebutkan lomba ini diikuti sepuluh sekaa dan sanggar sebagai perwakilan masing-masing kecamatan yang ada di Tabanan. (adi/sut)

 


Baca juga: Ditagih Janji Pemerintah Atasi Ginjal Akut Anak