Search

Home / Aktual / Sosial Budaya

Di Badung, Tiap ST Terima Dana Ogoh-Ogoh Rp 20 Juta

Editor   |    05 Februari 2024    |   19:35:00 WITA

Di Badung, Tiap ST Terima Dana Ogoh-Ogoh Rp 20 Juta
Bupati Giri Prasta menyerahkan dana kreativitas ogoh-ogoh kepada ST se-Badung, Senin (5/2/2024) di Mangupura. (foto/adi)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com – Setiap Sekaa Teruna (ST) di Kabupaten Badung menerima dana kreativitas ogoh-ogoh sebesar Rp 20 juta.

Dana yang berasal dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) ini disalurkan dalam rangka menyambut hari Raya Nyepi Caka 1946.

Penyerahan dana untuk 580 ST se-Badung dengan total mencapai Rp 11 miliar tersebut dilakukan Bupati I Nyoman Giri Prasta, Senin (5/2/2024) di Mangupura.

Pada tahun ini, dana kreativitas yang diberikan mengalaminya kenaikan mencapai Rp 5 juta dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 15 juta.

Acara ini turut dihadiri Sekda Wayan Adi Arnawa, Ketua Komisi IV DPRD Badung Made Suwardana, Ketua TP PKK Seniasih Giri Prasta, Ketua DWP Rasniati Adi Arnawa, jajaran Kepala OPD Pemkab Badung, para perbekel dan undangan lainnya

“Kami memberikan bantuan dana kreativitas per sekaa teruna sejumlah Rp 20 juta. Besar harapan kami dengan adanya bantuan ini akan tumbuh rasa persatuan sekaa teruna melakukan akselerasinya di tingkat banjar. Sehingga prosesi daripada pelaksanaan Hari Raya Nyepi yang beriringan dengan Pengerupukan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan pakem yang kita miliki Hindu Dresta Bali," ujar Bupati Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta kemudian mengingatkan agar sekaa teruna yang telah menerima bantuan dana tersebut untuk membuat ogoh-ogoh sendiri, bukan dengan cara membeli yang telah jadi.

"Untuk mengantisipasi adanya sekaa teruna membeli ogoh-ogoh, kita memiliki Sabha Yowana yang merupakan pengurus Kabupaten Badung yang ada sampai tingkat kecamatan dan desa, mereka akan melakukan kontrol ke lapangan. Serta kami mohonkan kepada prajuru adat dan banjar untuk ikut mengantisipasi hal ini, sehingga betul-betul apa yang dibuat merupakan hasil karyanya sendiri,” pintanya

Selain itu, Bupati Giri Prasta juga meminta sekaa teruna tidak menggunakan styrofoam dan plastik dalam membuat ogoh-ogoh. Mesti menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

"Kita mendorong sekaa teruna agar konsisten menggunakan dan memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai media membuat ogoh-ogoh,” tandasnya

Sementara itu, Kepala Disbud Badung Gde Eka Sudarwitha mengatakan bahwa penyaluran dana kreativitas kepada ST se-Badung ini merupakan kebijakan Bupati Giri Prasta untuk mendukung kreativitas generasi muda melestarikan Dresta Lango (tradisi ogoh-ogoh maupun tradisi lainnya sesuai dengan kearifan lokal masing-masing daerah  menyambut Hari Raya Nyepi).

"Dalam rangka memperkokoh kehidupan berbasis adat dan mempererat persatuan sekaa teruna dan meningkatkan kesadaran sekaa teruna melestarikan budaya dan lingkungan. Hari ini kami merealisasikan kebijakan Bapak Bupati dengan menyerahkan dana kreativitas kepada 580 sekaa teruna se-Badung dengan total anggaran Rp 11 miliar," sebutnya. (adi/sut)

 


Baca juga: Ditagih Janji Pemerintah Atasi Ginjal Akut Anak