Search

Home / Muda / Kata Mereka

Mahasiswa Harus Turut Sukseskan Pemilu

Editor   |    30 April 2024    |   16:12:00 WITA

Mahasiswa Harus Turut Sukseskan Pemilu
Ketua KPU Bali Lindartawan saat acara sosialisasi pendidikan politik dihadiri mahasiswa FHIS Undiksha, Selasa (30/4/2024) di Kota Singaraja. (foto/suteja)

SINGARAJA, PODIUMNEWS.com - Ketua KPU Provinsi Bali Dewa Agung Gede Lidartawan meminta kalangan mahasiswa berperan aktif dalam menyukseskan proses penyelenggaraan Pemilu.

Hal itu disampaikan Lindartawan saat acara sosialisasi pendidikan politik dengan tema "Pemilih Cerdas Wujudkan Pemilukada Berkualitas" dihadiri mahasiswa Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) Undiksha, Selasa (30/4/2024) di Kota Singaraja.

Dalam dialognya dengan puluhan mahasiswa, Lindartawan mengungkapkan pentingnya partisipasi dari berbagai elemen masyarakat terutama mahasiswa untuk menjaga prinsip kesetaraan (equality) dalam penyelenggaraan pemilu.

"Melalui ajakan ini diharapkan mahasiswa khususnya mahasiswi dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu yang berkualitas dan adil," ujarnya.

Lindartawan juga menekankan bahwa partisipasi pemilih perlu ditingkatkan agar pemimpin yang terpilih memiliki kapasitas yang baik. Hal ini sejalan dengan upaya KPU dalam memastikan proses pemilu berjalan dengan transparan dan demokratis.

Di sisi lain, ia menyoroti tentang tantangan yang dihadapi oleh pemilih pemula, termasuk menangkal berita hoaks yang dapat mepengaruhi pemikiran.

Untuk mengatasi hal ini, Lindartawan mengajak mahasiswa untuk meningkatkan literasi politik dan melakukan filterisasi informasi melalui sumber yang terpercaya.

"Dengan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses pemilu diharapkan dapat terwujudnya pemimpin yang berkualitas dan masyarakat yang sejahtera," pungkasnya. (suteja)

 

 

 

 


Baca juga: Kisah Farani, Wisudawan Double Degree Pertama FH UNAIR-Maastricht University