Search

Home / Aktual / Sosial Budaya

Adi Arnawa: Nak Badung Harus Jadi Juara!

Editor   |    09 Juni 2024    |   17:34:00 WITA

Adi Arnawa: Nak Badung Harus Jadi Juara!
Sekda Adi Arnawa menghadiri gladi bersih Bapang Barong dari seniman Sanggar Seni METALIKA, pada Sabtu (8/6/2024) di Mangupura. (foto/adi)

ABIANSEMAL, PODIUMNEWS.com  - Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri gladi bersih Bapang Barong dari seniman Sanggar Seni Metangun Lingga Khanti Abiansemal (METALIKA), pada Sabtu (8/6/2024) di Mangupura.

Seniman yang mayoritas kaum muda ini akan menjadi duta Badung untuk mengikuti lomba barong pada Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-46 di Denpasar.

Kehadiran Sekda Adi Arnawa yang bertugas mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta ini bertujuan memberikan dukungan serta semangat bagi seniman muda tersebut.  

Sebagai bentuk dukungan, ia pun menyerahkan dana bantuan pribadi sebesar Rp 20 juta.

Kemudaian saat menyaksikan perfoma ditunjukan para seniman tersebut, ia optimis duta Gumi Keris ini akan tampil meraih prestasi terbaik pada ajang tahunan atraksi seni budaya terbesar di Bali itu.

“Sebagai nak (orang, red) Badung harus menjadi juara," ucap Adi Arnawa memberi semangat.

"Melihat performa dan semangat adik-adik seniman Badung, saya berikan apresiasi penampilan pada gladi bersih ini. Saya optimis bahwa duta Kabupaten Badung melalui Sanggar METALIKA mampu berjaya dan jayanti dalam PKB XLVI nanti," imbuhnya.

Namun, menurutnya, selain persiapan latihan yang matang, mesti juga dibarengi dengan kesiapan kondisi fisik dan mental yang prima saat berlomba nanti.

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa penampilan sudah bagus. Jaga kondisi (kesehatan fisik) sehingga pada saat tampil nanti benar-benar menunjukkan performa yang terbaik, tunjukkan kemampuan, tunjukkan semangat, bertanggung jawab diberikan kesempatan dan kepercayaan mewakili Badung. Semoga dengan kekompakan dan soliditas menjadi harapan kita bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan komitmen Pemkab Badung mendukung dan mempromosikan kegiatan budaya tradisional Bali. Sebab hal itu sebagai bagian integral dari program pembangunan berkelanjutan di Badung.

“Dan juga sebagai upaya pelestarian budaya Bali merupakan aset penting dalam pengembangan pariwisata dan kegiatan seni budaya di Kabupaten Badung,” tambahnya.

Pariwisata Bali, jelas Adi Arnawa, merupakan pariwisata berbasis budaya yang tidak terlepas dari bagaimana peranan seni budaya yang harus tetap terjaga dengan baik.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan budaya tradisional seperti ini, tidak hanya memperkuat kebanggaan masyarakat Bali, tetapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Badung,” terangnya.

Gladi bersih bapang barong dihadiri pula Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Badung I Gede Eka Sudarwitha, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa, Perbekel Abiansemal sekaligus sebagai Penasehat Sanggar Seni Metalika IB Bisma Wiratma dan tokoh masyarakat setempat. (adi/suteja)

 

 

 


Baca juga: Ditagih Janji Pemerintah Atasi Ginjal Akut Anak