Search

Home / Aktual / Olahraga

1.575 Anak Bakat Bola Ikuti Bali Grassroots Festival

Editor   |    09 Juni 2024    |   19:09:00 WITA

1.575 Anak Bakat Bola Ikuti Bali Grassroots Festival
Wakil Ketua Panitia BGF 2024 Putu Sugi Darmawan saat memberikan keterangan pers usai penarikan undian untuk 113 tim yang akan bertanding, Minggu (9/6/2924) di Denpasar. (foto/adi)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Sebanyak 1575 anak berbakat di Cabor sepak bola di Bali akan tampil di Bali Grassroots Festival (BGF) 2024.

Ribuan anak ini berasal dari 113 sekolah sepak yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Bali. Jumlah ini terbagi dalam kategori usia, dimana U-8 sebanyak 24 tim, U-10 sebanyak 34 tim dan U-12  sebanyak 55 tim.

Penyelenggaraan BGF ini mendapat dukungan Asprov PSSI Bali dan diselenggarakan Yayasan Bali Bintang Mulia yang bergerak di bidang persepakbolaan di Bali dengan tim Bali All Star (BAS).

Wakil Ketua Panitia BGF 2024 Putu Sugi Darmawan saat dikonfirmasi usai penarikan undian untuk 113 tim yang akan bertanding Minggu (9/6/2924) di Stadion Ngurah Rai Bali mengatakan, BGF digelar untuk memberikan ruang kepada anak-anak bermain sepakbola, menyalurkan bakat sepakbola melalui BGF.

"Kita ingin agar anak-anak bisa menyalurkan bakat sepakbola. Itulah sebabnya kita mengundang seluruh SSB di Bali mulai dari U-8, U-10, dan U-12. Kita sengaja menggelar di saat anak-anak liburan sekolah, agar bisa menyalurkan bakatnya di bidang sepakbola," ujarnya.

Ia mengatakan, anak-anak harus dibiasakan untuk bermain Festival sepakbola resmi. Dengan cara ini, akan banyak bibit sepakbola yang terlahir dari Bali terutama pemain muda yang bisa berlaga di kompetisi yang lebih besar.

Menurut Putu Sugi Darmawan, antusiasme para peserta dari seluruh SSB di Bali sangat tinggi. Dari 9 kabupaten dan kota di Bali, peserta yang tidak bisa berpartisipasi adalah Kabupaten Buleleng.

"Komunikasi sudah sangat intens. Namun karena jaraknya yang cukup jauh, dan kebetulan para orang tua banyak agenda yang sama di waktu yang sama sehingga mereka tidak bisa ikut berpartisipasi dalam BGF kali ini. Selain itu, tingginya antusiasme peserta maka sudah banyak masukan jika BGF bisa digelar lebih dari sekali dalam setahun. Dan yang paling memungkinkan adalah dua kali setahun saat liburan sekolah. Permintaan ini sangat beralasan karena tujuan BGF adalah untuk menggairahkan pembinaan sepakbola di Bali," jelasnya.

Itulah sebabnya BGF kali ini hanya diperuntukkan bagi Bali saja, tidak ada peserta dari luar Bali.

BGF akan digelar selama empat hari berturut-turut mulai dari tanggal 13-16 Juni 2024 di Stadion Ngurah Rai Bali.

Diperkirakan sekitar dua ribu orang yang akan hadir pada BGF kali ini. Jumlah ini belum termasuk para penonton, para orang tua yang sudah pasti akan datang mengantarkan anaknya saat bertanding.

Para jawara akan mendapatkan uang pembinaan, trofi, dan sebagainya. "Para juara mendapatkan piala dan uang pembinaan. Kami usahakan medali bagi masing-masing anak, dan bola," tandasnya.

Dalam drawing tersebut, masing-masing tim juga mendapatkan bantuan tiga buah bola. (adi/suteja)


Baca juga: Porsenijar Badung Lombakan 31 Cabor dan 18 Seni