Search

Home / Aktual / Kesehatan

Cegah Stunting, Remaja Putri Diajak Baca Buku

Editor   |    06 Juli 2024    |   20:18:00 WITA

Cegah Stunting, Remaja Putri Diajak Baca Buku
Ida Mahendra menyapa para balita saatacara Berkunjung dan Berbagi, Jumat (5/7/2024) di Desa Gulingan, Badung. (foto/adhy)

MENGWI, PODIUMNEWS.com – Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ida Mahendra Jaya mengatakan bahwa stunting dapat dicegah sedini mungkin melalui edukasi kepada remaja putri.

Hal itu dikata Ida Mahendra saat acara Berkunjung dan Berbagi serangkaian pencegahan dan penanganan stunting, Jumat (5/7/2024) di Desa Gulingan, Badung.

Menurut Ida Mahendra, remaja putri yang nantinya akan menjadi ibu hamil dan melahirkan, sebaiknya mencari informasi tentang pemenuhan gizi bagi janin maupun bayi.

"Selalu terbuka membaca dan mencari informasi terkait pemenuhan gizi yang cukup untuk tubuh, sehingga saat hamil nanti kandungan atau rahim akan kuat, dan ketika janin mulai tumbuh di rahim, sebaiknya diperhatikan keperluan gizi yang dibutuhkan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa stunting bisa dicegah dengan pola makan gizi seimbang tinggi protein, anak harus tidur cukup dan berkualitas dan yang terpenting jangan memberikan anak-anak balita bermain handphone di usia emasnya.

“Karena penggunaan HP yang berlebihan bisa merusak otak anak, dan radiasinya akan merusak mata,” ujarnya.

Selain itu, tambah Ida Mahendra, hindari melakukan kekerasan pada anak, dengan kata lain anak-anak harus diberikan kasih sayang, perhatian dan pujian, agar tumbuh rasa bahagia selain memberikan stimulasi atau rangsangan pada anak seperti memijat, bernyanyi, bermain dan bercerita.

Tak kalah penting, anak harus dipantau kesehatannya di Posyandu, anak harus mendapatkan imunisasi dasar yang lengkap dan orang tua mereka juga wajib menerapkan "Aku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)" serta menjaga kebersihan lingkungan. (adhy/suteja)

 

 


Baca juga: Upayakan Kelor Mampu Saingi Ginseng Korea